Brilio.net - Fitness sekarang sudah menjadi olahraga yang sudah menjejali gaya hidup masyarakat modern. Padatnya aktivitas membuat orang terkadang melalaikan olahraga sebagai penunjang kesehatan. Kesibukan membuat orang tak sempat melakukan olahraga pada pagi atau sore hari. Sedangkan orang menghindari olahraga di siang hari karena terik matahari.

Jadilah fitness sebagai solusi. Orang bebas datang ke tempat fitness sesuai waktu luang yang dipunyai, bisa pagi, siang, atau malam hari.

Nah, selain itu, sebenarnya apa sih yang membuat banyak orang datang ke fitness center untuk melakukan olahraga itu? Berikut 8 alasan orang melakukan fitness yang dirangkum brilio.net, Sabtu (31/10):

1. Ingin sehat dan bugar

Ternyata 8 alasan ini yang bikin orang hobi banget fitness

Semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan membuat fitness center menjadi semakin ramai. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sering dijadikan alasan utama untuk melakukan fitness.

"Untuk menjaga kesehatan saja. Soalnya kalau sudah terbiasa fitness terus, tubuh nggak digerakin itu jadi sakit," kata Faris Samhan yang telah melakukan fitness sejak 2009 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Fitness Center Yogyakarta.

2. Ingin memperbaiki penampilan

Ternyata 8 alasan ini yang bikin orang hobi banget fitness

Saat ini penampilan jadi hal yang begitu berpengaruh dalam hidup. Maka nggak heran jika banyak orang ingin berusaha mengubah penampilannya dalam bentuk yang proporsional. Muna Aprilianto (27), Personal Trainer UNY Fitness Center mengungkapkan jika kebanyakan orang yang datang ke fitness center dalam keadaan tubuh yang tidak proporsional, baik itu kelebihan berat badan maupun kekurangan berat badan.

Menurut Muna, jika kebanyakan cowok datang ke fitness center untuk meningkatkan berat badan ke arah ideal hingga menjadi atletis, maka alasan cewek datang ke fitness center sebaliknya. Kebanyakan kalau cewek malah ingin menurunkan berat badan, selain juga untuk alasan kebugaran.

"Pengen sehat dan nurunin berat badan saja. Karena nggak suka olahraga yang lain, maka fitness jadi salah satu caranya," kata Diwa Hutomo (27), salah satu member di UNY Fitness Center Yogyakarta.

3. Olahraga yang efektif dilakukan setiap waktu

Ternyata 8 alasan ini yang bikin orang hobi banget fitness

Menurut Muna, banyak orang menjatuhkan pilihannya ke fitness center untuk berolahraga karena olahraga di fitness center bisa dilakukan setiap waktu selama tempat fitness center itu buka. Fitness bisa dilakukan pagi, siang, sore, atau malam hari. Selain itu, olahraga indoor seperti fitness yang dianggap lebih nyaman daripada olahraga outdoor juga menjadi alasan banyak orang lebih memilih fitness.

4. Efektif merubah tubuh

Ternyata 8 alasan ini yang bikin orang hobi banget fitness via: instagram.com/dionwiyoko

Dibandingkan program olahraga lain, fitness ternyata lebih efektif untuk merubah tubuh menjadi lebih berisi. Hal itu karena program dalam fitness menggerakkan sebagian besar anggota tubuh.

"Karena di sini banyak variasi latihan baik dengan beban tubuh maupun dengan mesin. Bebannya yang dilakukan pun mulai dari ringan hingga berat. Untuk meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh itu bisa dikontrol secara sistematis," kata Muna.

5. Meningkatkan stamina tubuh

Ternyata 8 alasan ini yang bikin orang hobi banget fitness terkini42.rssing.com

Selain alasan untuk membentuk tubuh, kesehatan, dan kebugaran, ternyata ada juga yang menjadikan fitness sebagai cara untuk meningkatkan stamina tubuh. Hal itu dilakukan oleh orang-orang tertentu yang memang dituntut tak hanya menjaga tapi juga meningkatkan stamina. Orang-orang yang perlu meningkatkan stamina salah satunya adalah atlet yang dituntut untuk selalu berada dalam kondisi selalu di atas bugar.

6. Ingin terapi pasca cedera

Ternyata 8 alasan ini yang bikin orang hobi banget fitness
via: bola.net

Ini yang nggak banyak diketahui oleh orang. Ternyata fitness juga bisa menjadi cara terapi pasca cedera. Muna mengungkapkan jika di UNY Fitness Center saat ini juga menerima member yang melakukan fitness untuk terapi tulang punggung pasca cedera.

7. Lifestyle

Ternyata 8 alasan ini yang bikin orang hobi banget fitness www.facetofeet.com

Anak muda kekinian memang nggak bisa jauh-jauh dari tren lifestyle yang ada. Selain banyak alasan di atas, ada juga yang melakukan fitness karena hanya ingin ikut-ikut tren yang ada. Biasanya tipikal orang yang seperti ini adalah mereka yang tidak konsisten melakukan fitness. hanya sesekali saja mereka datang ke fitness center. Selain olahraga, yang dilakukan oleh mereka adalah selfie dengan alat-alat fitness kemudian mengunggahnya di media sosial. Kamu termasuk?

8. Ingin cuci mata

Ternyata 8 alasan ini yang bikin orang hobi banget fitness www.jouer-enligne.com

Ternyata ada juga alasan gokil orang datang ke fitness center. Selain alasan kebugaran, ada juga orang yang datang ke fitness center untuk cuci mata melihat mas-mas bertubuh atletis atau mbak-mbak yang sedang fitness. Orang yang punya alasan seperti ini biasanya juga nggak konsisten dalam melakukan olahraga di fitness center.

Nah, kamu yang juga melakukan fitness pilih alasan yang mana?