Brilio.net - Kamu yang punya segudang aktivitas, pasti sering menghabiskan waktu di jalan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Apalagi kalau kamu tinggal di ibu kota, wah pasti bakal sering banget ketemu sama yang namanya macet, belum lagi polusi udara, debu, yang suka bikin sesak napas. Ugh.., ngeselin deh!

Tapi penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Surrey, Inggris, seperti dilansir brilio.net dari Mirror.co.uk, Senin (6/4), berhenti terlalu lama di lampu merah bisa memperpendek umur, lho.

Ini disebabkan karena persimpangan jalan yang terdapat traffict light memiliki tingkat polusi yang lebih tinggi. Polusi yang dihasilkan dari asap kendaraan mengandung polutan nano yang sangat berbahaya untuk saluran pernapasan dan jantung kita.

Walaupun cuma dua persen waktu perjalanan dihabiskan di persimpangan, tapi mampu membuat kamu terkontaminasi 25 persen partikel berbahaya. Konsentrasi partikel jahat bahkan lebih tinggi 29 persen di persimpangan lalu lintas ketimbang persimpangan yang lancar.

Dan yang paling buruk, paparan partikel polusi udara ini bisa membuat pengendara mengalami depresi atau alergi yang pada akhirnya meningkatkan risiko bunuh diri sebesar enam persen. Waduh!