Brilio.net - Seorang fotografer profesional asal Colorado, Amerika Serikat (AS), Jamie Kripke berkesempatan menelusuri basecamp organisasi yang terbentuk tahun 1720an, Freemason. Organisasi yang lahir pertama kali di AS ini setiap detail agendanya sangat dirahasiakan dari publik sehingga memunculkan banyak rasa ingin tahu dari masyarakat. Sampai hari ini, anggota Freemason diperkirakan mencapai enam juta orang.

Jamie yang telah memulai kariernya sejak 2003 ini berhasil menguak sedikit perihal organisasi yang kerap diidentikkan sebagai pelaku konspirasi di dunia tersebut. Basecamp pertama yang berhasil dia 'obok-obok' adalah Kuil Ritus Skotlandia di Santa Fe, New Mexico.

"Awalnya saya butuh waktu lama untuk mendapat akses. Saya bertemu dengan beberapa anggota untuk menjelaskan proyek saya dan menunjukkan pada mereka beberapa foto-foto yang sudah pernah saya ambil. Ketika mereka tahu bahwa saya tidak mengekspos (ke publik), mereka mempersilakan saya untuk berkeliling mengambil gambar," tutur Jamie seperti dikutip brilio.net dari Huffington Post, Kamis (28/1).

Setelah berhasil di New Mexico, Jamie bahkan mendapat surat rekomendasi untuk mendapat akses di basecamp lainnya, yaitu di  California, Wyoming and Colorado. Jamie mengaku kamera dan tripodnya menjepret gambar apa saja dengan pencahayaan apa adanya. Dengan cara itu, menurut Jamie, kualitas pencahayaan dalam foto dapat menceritakan banyak hal tentang perjalanan Freemason.  

"Kualitas pencahayaan tidak seperti yang pernah saya lihat selama ini. Image inilah yang pada awalnya membuat saya tertarik untuk datang lagi, mencari lebih banyak gambar dengan pencahayaan luar biasa. Setelah beberapa saat, saya merasa tertarik dengan budaya dan (mencoba) mendapatkan gambar-gambar yang menjelaskan budaya tersebut," tulisnya dalam email yang dikirimkan pada Huffington Post.

Jamie memahami begaimana orang-orang mempersepsikan tentang Freemason. Dengan proyeknya ini, dia berharap dapat menjelaskan sedikit banyak tentang organisasi yang telah kontroversi tersebut.

"Banyak orang tahu bahwa budaya Freemason diselimuti misteri, sampai mereka menciptakan berbagai prasangka. Saya senang dapat menunjukkan pada masyarakat bagian dalam ruangan ini, dan lihatlah bahwa itu cocok dengan apa yang mereka duga tentang apa yang terjadi di balik pintu pondokan yang selalu tertutup rapat tersebut," tuturnya.

Mari kita lihat apa yang didapat Jamie.

Isi ruang 1




Isi ruang
2




Isi ruang
3




Isi ruang
4




Isi ruang
5




Isi ruang
6




Isi ruang
7




KLIK NEXT UNTUK MELIHAT ISI RUANGAN LEBIH MISTERIUS!

2 dari 2 halaman

Isi ruang 8




Isi ruang
9




Isi ruang
10




Isi ruang
11




Isi ruang
12




Isi ruang
13




Isi ruang
14




Isi ruang
15