Brilio.net - Memiliki berat badan yang ideal tentu saja idaman setiap orang. Kamu nggak mau kan terlalu gemuk atau malah terlalu kurus seperti orang kekurangan gizi.

Bagi kamu yang memiliki berat badan masih di bawah berat badan ideal, kamu bisa coba tips menambah berat badan yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber berikut ini, Senin (16/11):

1. Makan lebih sering

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!

foto: giphy.com

Loading...

Orang dengan tubuh terlalu kurus perlu meningkatkan interval makannya dalam satu hari. Jika biasanya kamu hanya makan 3 kali sehari, coba deh lebih sering lagi makan menjadi 4-5 kali sehari.

2. Perbanyak minum air putih

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!foto: http://www.ilmuitugratis.com

Jangan anggap remeh air putih, dibanding minuman beraneka rasa di luar sana yang nggak jelas manfaatnya, mengonsumsi banyak air putih lebih bermanfaat bagi tubuh. Air putih dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga membantu tubuh menyerap gizi makanan lebih sempurna. Biasakan minum air putih paling tidak 8 gelas per hari dan usahakan selalu minum air putih di pagi hari.

3. Pilih makanan berkarbohidrat kompleks

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!foto: http://intisari-online.com

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia. Untuk menambah berat badan pilihlah makanan berkarbohidrat kompleks seperti perbanyak konsumsi bahan makanan dari gandum, ubi dan beras merah.

4. Perbanyak konsumsi protein

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!foto: gigisusu.net

Protein digunakan tubuh untuk menambah massa otot sehingga berat badan bertambah. Makanan yang banyak mengandung protein seperti daging, ikan, kacang-kacangan, dan keju baik bagi kamu yang sedang dalam program penggemukan badan.

5. Perbanyak asupan lemak sehat

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!foto: http://inginlangsingalami.com

Kamu juga nggak boleh asal makan makanan yang mengandung lemak. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh, omega-3 dan omega-6. Sumber lemak sehat ini bisa kamu dapat dengan rajin mengonsumsi jagung, kacang-kacangan dan buah alpukat.

6. Hindari minum sebelum makan

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!foto: http://www.vitamin4kesihatan.com

Minum air sebelum makan malah akan membuat perut merasa kenyang terlebih dahulu sehingga porsi makan pun berkurang.

7. Kunyah makanan sampai halus

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!

foto: giphy.com

Perkara mengunyah makanan memang kelihatannya sepele. Tapi mengunyah makanan sampai benar-benar halus dapat membantu menambah berat badan. Hal itu karena membuat organ-organ pencernaan lebih mudah mencerna makanan yang kamu konsumsi.

8. Perbanyak camilan

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!

foto: giphy.com

Nah, kalau kamu merasa kurang nafsu makan kamu bisa mengakalinya dengan memperbanyak camilan. Camilan dapat membantu mencukupi kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kamu.

9. Konsumsi susu secara rutin

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!

foto: giphy.com

Meskipun sudah tidak dalam masa pertumbuhan lagi, mengonsumsi susu juga nggak ada salahnya. Malah akan membantumu untuk menambah berat badan. Disarankan untuk minum susu 2 kali sehari, karena susu akan menyempurnakan kebutuhan makanan 4 sehat 5 sempurna.

10. Jangan begadang

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!

foto: giphy.com

kamu yang hobi begadang, sebaiknya segera menghentikan kebiasaan tersebut. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup terutama pada malam hari. Malam hari adalah saatnya tubuh untuk beristirahat dari kegiatan seharian. Dengan beristirahat pada malam hari, tubuh akan memulihkan kondisi dan memperbaiki fungsi organnya.

11. Hindari kafein

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!foto: http://jellygamatgoldg31.com

Sebaiknya dalam menambah berat badan, sebisa mungkin hindari kafein. Kafein yang biasa terkandung dalam kopi bisa menahan nafsu makan. Selain itu kandungan asam dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung yang pada ada akhirnya meningkatkan resiko terjadinya sakit maag yang semakin membuat tubuh mengalami kesulitan makan.

12. Olahraga

Tanpa obat penggemuk, 12 tips simpel ini bisa menambah berat badanmu!

foto: giphy.com

Selain mengatur pola makan sehat, olahraga juga jangan sampai kamu lupakan. Segala cara untuk menambah beart badan harus kamu seimbangkan dengan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga-olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda.

RECOMMENDED BY EDITOR