Brilio.net - Tidak sedikit orang meragukan profesi penulis. Sebagian masih beranggapan menjadi penulis bukan pekerjaan yang memiliki penghasilan tinggi dan tidak menjamin kesejahteraan. Lalu bagaimana jika anggapan tersebut keliru? Berikut adalah penulis-penulis yang berhasil membuktikan diri bahwa penulis juga bisa menjadi miliarder.

1. J.K Rowling

Tak perlu ragu jadi penulis, mereka ini buktinya

Apakah kamu tahu bahwa sebelum terkenal sebagai penulis Harry Potter J.K Rowling berasal dari keluarga miskin Yate, Gloucestershire Utara, Inggris? Wanita kelahiran 31 Juli 1965 kini berhasil menobatkan dirinya sebagai salah satu wanita terkaya di dunia dengan nilai kekayaan mencapai 15 triliun rupiah.

Penghasilan tersebut  diperoleh dari penjualan buku-buku karyanya khususnya buku Harry Potter yang terjual 15 juta eksemplar dalam waktu kurang dari 24 jam. J.K Rowling memantapkan diri memilih profesi sebagai penulis meski sempat mendapatkan penolakan dari keluarganya dan hinaan dari lingkungan sekitar. Namun Ibu dari satu orang anak ini tidak mempedulikan ocehan orang lain dan membuktikan bahwa dirinya memang penulis yang jenius.

Loading...

2. J.R.R. Tolkien

Tak perlu ragu jadi penulis, mereka ini buktinya

J.R.R Tolkien adalah pria yang berada di balik sukses buku The Lord of The Rings dan The Hobbit. Siapa sangka buku yang terinspirasi dari salah satu pohon besar yang ada di Oxford University tersebut ternyata berhasil membawa pria kelahiran 3 Januari 1892 ini menjadi miliarder dengan total kekayaan mencapai 13 triliun rupiah. Hampir seluruh penghasilannya diperoleh dari penjualan buku. Meski hampir seluruh keluarganya bekerja sebagai pekerja kasar, namun Tolkien berani memilih jalan yang berbeda dengan menjadi seorang penulis.

3. Dewi Lestari

Tak perlu ragu jadi penulis, mereka ini buktinya

Dewi Lestari atau yang akrab disapa dengan nama Dee ini juga berhasil menobatkan dirinya sebagai penulis dengan penghasilan yang luar biasa. Dee dikenal dengan karya Supernova yang berhasil terjual 300 ribu eksemplar dalam waktu 1 bulan. Wanita yang juga berprofesi sebagai penyanyi ini bahkan mendapatkan penghasilan 1,5 miliar rupiah dari penjualan Supernova.

4. Andrea Hirata

Tak perlu ragu jadi penulis, mereka ini buktinya

Laskar Pelangi, mendengar kalimat tersebut tentu akan mengingatkan kamu dengan nama besar Andrea Hirata. Sempat berprofesi sebagai konsultan ekonomi, pria kelahiran Belitung ini memutuskan untuk mengundurkan diri dan fokus menekuni profesi sebagai penulis. Keputusannya tersebut tak sia-sia. Dari tangannya lahir berbagai buku-buku fenomenal seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Endesor, dan yang baru terbit tahun ini adalah Ayah. Laskar Pelangi tidak hanya menuai sukses di dalam negeri melain juga di luar negeri. Penjualan buku Laskar Pelangi membuat Andrea berhasil mengantongi 3,6 miliar rupiah dan belum termasuk karya yang lainnya.

5. Danielle Steel

Tak perlu ragu jadi penulis, mereka ini buktinya

Pemilik nama lengkap Danielle Fernandes Dominique Schuelein Steel adalah seorang novelis yang karyanya telah terjual 800 juta kopi dalam waktu singkat dan berhasil diterjemahkan ke dalam 25 bahasa asing dan dijual di 45 negara. Wanita yang identik dengan cerita romantis ini sebenarnya berasal dari keluarga yang cukup sederhana. Kesederhanaan masa kecil Steel tidak membuatnya mudah putus asa untuk memperjuangkan keinginannya menjadi penulis. Kini dia memiliki kekayaan 405 juta dollar Amerika atau senilai dengan 5,9 triliun rupiah. Semua kekayaannya ini 100% diperoleh dari profesinya sebagai penulis.

6. John Grisham

Tak perlu ragu jadi penulis, mereka ini buktinya

Tema hukum nyaris ada di setiap karya John Grisham. Hal ini dianggap wajar sebab Grisham memang memiliki latar belakang pendidikan di bidang hukum yang cukup mumpuni. Semenjak tahun 2008, tercatat dia telah berhasil menjual 235 juta eksemplar karyanya di seluruh dunia. Anak  petani kapas dari Arkansas ini tidak pernah menyangka dia dapat menjadi berbeda dari saudaranya yang lain. Kebanyakan saudaranya memilih jalan sebagai petani. Dia memperjuangkan mimpinya menjadi penulis dan akhirnya berbuah manis dengan nilai kekayaan 5 triliun rupiah.

7. James Patterson

Tak perlu ragu jadi penulis, mereka ini buktinya

Inilah sosok penulis terkaya di dunia versi Forbes 2013, James Patterson. Pria kelahiran New York, 22 Maret 1947 tersebut berhasil memperoleh penghargaan internasional melalui salah satu bukunya berjudul The Thomas Berryman Number dan membuatnya mengantongi kekayaan hingga 10 triliun rupiah. Pernah merasakan kondisi ekonomi yang memprihatinkan membuat Patterson menjadi dermawan dan senantiasa mengikuti acara amal dengan menyumbangkan sebagaian kekayaan yang dimilikinya. Bahkan majalah The New York Times memberikan penghargaan sebagai peraih novel best selama 19 kali berturut-turut.

Setelah membaca kisah 7 orang penulis sukses yang ada diatas apakah kamu masih menganggap menjadi penulis itu tidak bisa kaya raya? Jika ya, maka kamu harus berpikir ulang lagi.

RECOMMENDED BY EDITOR