Brilio.net - Tidak salah memang bila anak muda diklasifikasikan pada golongan masyarakat yang kreatif ya. Terbukti dengan banyaknya inovasi-inovasi unik yang banyak bermunculan yang ternyata karya anak-anak muda Indonesia.

Kreativitas juga tak selalu berarti hal yang wah atau besar karena hal yang sederhana sekalipun bisa membawa seseorang menuju sukses. Hal itu mungkin sudah dibuktikan oleh Syamsu Dhuha.

Syamsu adalah seorang mahasiswa S1 jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang yang saat ini dikenal karena bisnis clothing unik.

"Selain kuliah, sekarang saya juga punya usaha kaus dan menerima pesanan clothing. Usaha kausnya itu ada dua brand, yaitu Mampus (mahasiswa kampus) dan Kaus Koplak," cerita Syam kepada brilio.net, Senin (17/8).

Sebelum memulai bisnis kaus, Syam sempat beberapa kali mencoba peluang usaha. Mulai dari menjual makanan ringan dengan metode kantin kejujuran di kampus, minuman ringan pada acara Car Free Day, menerima orderan desain, dan lainnya. Namun ternyata usaha tersebut tidak bisa bertahan lama karena kurang menguntungkan.

"Di bisnis kaus ini sebenarnya uangnya juga keluar masuk, modal awal bisa dibilang Rp 0 terus pemasukan sempat mencapai Rp 15 juta tapi uangnya ya muter. Untuk stok barang yang diletakan di outlet atau bazar dan yang pasti buat SPP kuliah juga," lanjut pria asal Jombang, Jawa Timur itu.

Syamsu Dhuha, sukses dengan bisnis clothing lucu khas mahasiswa

Syam mengaku bahwa dia juga sempat berpikiran untuk mencari pinjaman modal karena sekarang banyak sekali tawaran dari berbagai toko atau koperasi yang berminat menjual kaos buatan Syam, namun dia mengurungkan niatnya dengan alasan ingin terlebih dahulu mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan juga mencari investor.

Sampai saat ini kaos Mampus dan Kaos Koplak buatan Syam sudah dipesan oleh anak muda dari berbagai daerah di Indonesia mulai Sumatra sampai Nusa Tenggara, dan juga eksis sampai negara-negara tetangga. Padahal promosi awalnya sendiri Syam hanya menggunakan media sosial. Gimana nih? Masih mau jadi anak muda yang biasa-biasa aja atau mencoba hal baru seperi Syam?