Brilio.net - Sungai Oya yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ternyata menyimpan banyak sekali benda peninggalan zaman batu, mulai dari batu tua (paleotilikum) sampai batu muda (neolitikum).

Selain itu, di bantaran sungai tersebut juga ditemukan fosil hewan vertebrata, seperti keluarga sapi, kerbau, banteng, dan gajah. Temuan itu saat ini tengah dilakukan ekskavasi dari pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta.

Arkeolog dari Balai Arkeolog Yogyakarta Sofwan Nurwidi mengatakan, temuan yang ada menjadi titik terang untuk melakukan penelitian lebih jauh tentang potensi adanya jejak fosil manusia purba di sekitar bantaran sungai. "Ada potensi. Ini tidak mentah, tapi sudah ada titik terang," katanya.

Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta Siswanto, Jumat (10/4) mengungkap temuan tersebut juga menjadi semacam dasar kemungkinan pendirian museum purbakala seperti di Sangiran, Jawa Tengah.

"Bisa jadi nantinya di Gunung Kidul mempunyai museum purbakala. Namun tentunya masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut, dari mulai potensinya, budaya, dan apakah signifikan atau tidak di tempat tersebut merupakan dulunya hidup manusi purba," katanya.