Brilio.net - Dalam masyarakat, banyak sekali komentar yang muncul menanggapi tindakan maksiat yang dilihatnya. Apalagi jika orang yang berbuat maksiat itu diketahui punya track record rajin shalat. "Wah rajin shalat tapi kok tetap melakukan maksiat ya?" Begitulah kadang-kadang komentar yang muncul.

Bahkan yang berbahaya adalah pandangan seperti itu yang menjadikan seseorang untuk enggan melakukan kewajibannya sebagai muslim untuk shalat. "Ah ngapain shalat, yang pentuing berbuat baik. Daripada shalat tapi maksiat."

Nah, sebenarnya apa yang menyebabkan shalat sudah dijalani tapi tetap berbuat maksiat?

Awy A Qolawun dalam bukunya Islam Q&A, dari Jilboobs hingga Nikah Beda Agama menerangkan bahwa jawaban pertanyaan itu hanya ada pada satu titik saja, tapi paling krusial. Titik tersebut adalah shalat yang dilakukan belum sesuai dengan substansinya. "Artinya, jika kita belum bisa shalat dengan substansinya maka shalat kita, meski sah secara syariat tapi efeknya belum mengena," terang Ustadz asal Lamongan yang 10 tahun belajar di Masyru' Al Maliky, Rusyaifah, Makkah ini.

Nah, shalat yang sesuai dengan substansinya adalah shalat yang khusyu' (konsentrasi dengan hati), khudhu' (ibadah dengan penuh rasa pasrah), hudu' (tenang), dan hudhur (tidak melamun). Empat hal tersebut biasanya diringkas dengan khusyu' saja, yaitu hadirnya hati saat melakukan shalat dengan ingat kepada Allah.

Dalam pembahasan tersebut Awy A Qolawun menjelaskan jika shalatnya saja jumpalitan, bagaimana bisa khusyu'? Begitu juga shalatnya orang yang melamun sampai lupa imam sudah berapa rakaat. Karena di antara yang membantu kekhusyukan adalah dengan thuma'ninah (tidak tergesa) sehingga melakukan shalat dengan tenang setiap rukunnya.

Awy A Qolawun pun menjelaskan bahwa ada trik agar shalat kita diterima, meski kualitas shalatnya amburadul, yaitu shalat berjamaah. Di samping tentunya dengan shalat berjamaan mendapat ada bonus tambahan pahala 27 derajat.

BACA JUGA:

Puasa dianggap cara jitu mendetoksifikasi tubuh, emangnya bener?

Ini daftar aplikasi yang berguna saat Ramadan, catat!

Jika kamu berpuasa, kamu akan dapat manfaat kesehatan ini

Penelitian buktikan berpuasa baik untuk kesehatan jantung

5 Hal lucu yang dilakukan anak kecil saat puasa pertama

4 Lagu Ramadan ini pernah ngehits banget di Indonesia

Resep takjil lezat dengan 2-3 bahan saja, gampang banget!

VIDEO: Tips menyajikan kurma tanpa biji

HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9