Brilio.net - Mood yang kadang naik turun dan perut yang terasa nyeri sering kali nggak bisa ditahan setiap kali tamu bulanan datang. Tapi kalau soal menahan nafsu buat nggak ngemil dan makan banyak rasanya susah bagi sebagian wanita.

Tenang, hal ini normal kok karena terbukti dengan adanya tamu bulanan bisa meningkatkan nafsu makan kita. Sebuah studi menyebutkan, umumnya wanita mengonsumsi kalori 15 persen lebih banyak dari biasanya, saat ia memasuki fase datang bulan. Tepatnya sekitar dua minggu sebelum mens hari pertama.

Terus kenapa hal ini bisa terjadi? Menurut studi terbaru dari Fakultas Kedokteran Universitas Baylor, AS, kondisi ini terjadi karena rendahnya level hormon estrogen di dalam tubuh, tepatnya sebelum periode menstruasi datang. Akibatnya, wanita makan lebih banyak menjelang menstruasi.

Keinginan untuk makan banyak sebelum menstruasi tapi bukan berarti kamu bisa makan sembarangan dan sebanyak-banyaknya ya. Seperti dikutip Daily Make Over, jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, dan gandum.

Selain itu mengonsumsi makanan yang tinggi lemak sehat seperti ikan, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Pengen makan tapi nggak mau berat badan bertambah setiap datang bulan? Gampang kok, temani "tamu bulanan" dengan pemilihan camilan yang rendah kalori seperti yoghurt bebas lemak yang dilengkapi dengan potongan buah.

Masih lemas juga meski udah makan banyak? Beristirahatlah secukupnya. Sisakan waktu lebih banyak untuk beristirahat menjelang siklus menstruasi kamu ya.