Brilio.net - Berbuat baik bisa dilakukan oleh siapapun, seperti halnya Musaid Bakhith Harbi. Seorang sopir angkutan di Makkah ini sudah terbiasa mengantar jamaah haji dari Masjidil Haram ke tempat miqat umroh, baik di Tan'im maupun Ji'ranah. Di tengah kesibukannya sebagai sopir, ia menemukan sebuah dompet salah satu jamaah haji.

Dikutip brilio.net dari Media Center haji, Musaid mendatangi kantor Daker Mekah dan bertemu langsung dengan Kepala Daker Arsyad Hidayat pada Selasa (6/10) lalu setelah maghrib. "Saya mau mengembalikan dompet yang saya temukan di mobil saya ini kepada bapak. Tapi bapak harus mencatat seluruh isi dompet yang ada dan mengembalikan dompet ini kepada yang punya beserta seluruh isinya," kata Arsyad mengisahkan pertemuannya dengan Musaid di ruang kerjanya, seperti dikutip, Rabu (7/10).

Akhirnya, Kepala Daker Arsyad membuat semacam berita acara. "Hari ini saya terima sebuah dompet yang berisi sejumlah uang rupiah, sejumlah uang riyal Saudi, beberapa kartu, dan sejumlah uang dolar Amerika, dari orang Saudi yang bernama Musaid Bakhith Harbi."

Berita acara di secarik kertas tersebut kemudian di foto copy dan kertas aslinya diserahkan ke Musaid. Kemudian sopir ini meyerahkan dompet tersebut kepada Arsyad beserta seluruh isinya. Setelah itu sang sopir pergi untuk melanjutkan pekerjaannya.

Pantauan Tim Media Center Haji, dompet yang ditemukan Musaid itu berwarna coklat tua. Di dalamnya ada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atas nama Mirda Alimi dari Aceh Tengah, Aceh. Setelah dicek ke data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), diketahui bahwa Mirda Alimi tergabung pada kloter 8 Embarkasi Aceh (BTJ 08) dan menempati hotel nomor 602 di wilayah Syisyah. "Catat nama dan alamat hotelnya, kita akan antar dompet ini ke pemiliknya," tegas Arsyad.