Brilio.net - Kamu pasti sudah enggak asing lagi dengan kalajengking. Binatang ini dikenal karena mempunyai racun yang bisa berbahaya bagi manusia yang tersengat.

Tapi, tahukah kamu kalau di balik racunnya ini ternyata kalajengking punya banyak khasiat yang dipercaya bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit?. Jenis penyakit yang sudah bisa disembuhkan antara lain penyakit kulit seperti kudis, koreng, gatal-gatal, hingga sipilis.

Bagian dari kalajengking yang bisa dijadikan obat kulit adalah minyaknya. Minyak ini dihasilkan dari daging kalajengking yang telah disangrai.

Ada juga yang memanfaatkan minyak kalajengking sebagai penyubur rambut. Bahkan, baru-baru ini peneliti di Amerika Serikat mengumumkan hasil penelitiannya yang menyebutkan bahwa sengatan kalajengking dapat menjadi obat penyakit kanker.

Selain jadi obat mujarab bagi beberapa penyakit, ternyata hewan beracun ini juga banyak digemari untuk dijadikan binatang piaraan. Di Indonesia, hobi yang tak lazim ini ternyata sudah menyebar di berbagai kota di Indonesia.

Seno Arifansyah, mantan koordinator Nasional Komunitas Pecinta Kalajengking Indonesia (KPKI) mengatakan bahwa di Indonesia kalajengking mulai dijadikan hewan piaraan sejak tahun 2010. Hobi yang tak lazim ini tentu membuat sebagian orang terheran karena kalajengking yang banyak dikenal sebagai binatang yang berbahaya malah dipelihara.

Tapi bagi Seno, kebanyakan orang hobi memelihara kalajengking karena melihat sisi menarik lain yang ada pada kalajengking. "Awal mulanya iseng saja. Zodiak saya Scorpio tapi kok saya nggak berani sama Kalajengking. Terus coba kok lama-lama suka," terang Seno ketika dihubungi brilio.net, Sabtu (6/6).

Menurutnya, sisi menarik memelihara kalajengking itu bisa didapatkan ketika melihat berbagai warna, bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Selain itu tingkahnya berburu makanan dan membuat sarang juga menarik untuk diamati.