Brilio.net - Di sela menghabiskan secangkir kopi di salah satu kantin kampus Islam ternama di Kota Malang, terdengar sayup suara bacaan Al Quran yang dibaca oleh salah seorang mahasiswa. Suara bacaan ayat suci itu terdengar dibaca berulang-ulang dan berganti membaca ayat yang selanjutnya ketika sudah terasa banyak mengulang ayat sebelumnya.

Hal yang dilakukan tadi bukanlah yang aneh dijumpai, yang ia lakukan adalah salah satu cara untuk menghafal yang banyak dilakukan oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi penghafal Al Quran di sela kesibukannya bergulat dengan padatnya jadwal kuliah dan tugas-tugas yang menumpuk.

Menurut kamu menghafal Al Quran di masa kuliah sulit nggak?

"Menghafal Al Quran di masa kuliah tidaklah mengganggu proses perkuliahan, tentunya banyak cara untuk menghafal di sela waktu luang di luar jam kuliah," kata Ulil (24) salah satu mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kepada brilio.net, Senin (15/6).

Pemuda yang memiliki nama lengkap Mochammad Ulil Abshor ini adalah salah satu mahasiswa yang penghafal Al Quran 30 Juz. Penghafal Al Quran atau biasa dipanggil Tahfidz asal Gondanglegi, Malang tersebut memaparkan bagaimana menghafal meskipun dalam masa perkuliahan.

"Kalau di UIN Malang kan ada Hai'ah Tahfidz Quran (HTQ), jadi sudah ada program bagi calon tahfidz pemula untuk menghafal, tentunya tidak mengganggu kuliah. Pokoknya yang paling penting harus istiqomah dalam menghafal," sambungnya.

Alumni Pondok Pesantren Al Munawwariyah Bululawang, Malang ini membagi tips bagi kamu yang masih kuliah bila ingin menghafal Al Quran. Apalagi menjelang Bulan Suci Ramadan diharapkan lebih intensif dalam menghafal.

"Sempatkan menghafal di sela waktu sholat, malam sebelum tidur dan pagi sehabis Shubuh untuk membantu menambah dan menjaga hafalan, praktik umumnya dalam sehari mampu menghafal satu halaman. Bila istiqomah dalam 3,5 tahun sudah bisa 30 Juz," ujar Ulil.

Meskipun masih dalam masa kuliah, bukan hambatan bagi kalian yang ingin menjadi seorang penghafal Al Quran atau Tahfidz. Jadikan Bulan Ramadan menjadi kesempatan untuk menambah pundi-pundi pahala dengan menghafal ayat suci Al Quran.

BACA JUGA:

Ramai-ramai tua muda nabung demi punya jalan masuk gereja, inspiratif

Sajadah bulu kelinci, pertama di dunia buatan mahasiswa IPB

Selfie saat wisuda, mahasiswa ini ditunda kelulusannya

Anak tukang tambal ban ini hafal Al Quran 30 juz hanya 16 bulan

VIDEO: Rekaman Al Quran tertua di Mekkah dibuat Snouck Hurgronje

Pria ini baca Al Quran saat lampu lalu lintas menyala merah

POPULER:

Kakek ini hidup sebatang kara, setiap hari berkostum Winny The Pooh

Mbah Misari, dulu pejuang kemerdekaan, kini jualan sangkar burung

Nasib Mbah Dul, karena buta aksara harus kehilangan kios, tragis!

Imbalan tak seberapa, Mbah Hadi tetap senang menjadi penenun stagen

Kisah Mbah Srilah jaga tradisi membuat stagen dengan alat tenun kayu

Kesetiaan Mbah Yudo ke Keraton, 12 tahun kerja bergaji Rp 15.000/bulan

Mbah Dumiyo, usia 90 tahun tetap semangat jualan 'es jadul'

Usia senja, Mbah Temo semangat jualan peyek demi untung tak seberapa

Kisah Mbah Sugeng, tak mau minta-minta meski tinggal di kos reyot

Cara ibu membahagiakan kamu lebih dari yang kamu sadari

Gigihnya Mbah Kom, 32 tahun jajakan sapu lidi meski tak melihat