Brilio.net - Becak merupakan salah satu moda transportasi yang ada di Indonesia. Saat ini becak digerakkan dengan tenaga manusia dan beberapa lagi dengan tenaga motor. Lalu apa kamu pernah membayangkan bagaimana bentuk becak di masa depan? Bagaimana jika becak tidak lagi mengandalkan tenaga manusia secara keseluruhan melainkan dengan tenaga listrik?

"Ini menandakan era baru teknologi dan inovasi anak bangsa, bagaimana mereka tetap menjaga keberadaan becak sebagai moda transportasi tradisional Indonesia sekaligus menggabungkan dengan teknologi yang ramah lingkungan," komentar Ilham Habibie, putra dari Presiden RI ke-3 BJ Habibie, saat dijumpai brilio.net di International Summit On Critical and Transformative Making Indonesia 2015 tempat di mana becak tenaga listrik tersebut dipamerkan, Rabu (16/9).

Siapa bilang becak tinggal kenangan, becak masa depan siap meluncur

"Jika semua anak Indonesia selalu berinovasi setiap harinya, yakinlah kita sebentar lagi akan merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya, karena kekayaan kita ada pada anak-anak ini bukan alam," imbuh putra sulung BJ Habibie ini.

Becak tersebut dibentuk dengan lebih moderen yang memiliki alat tutup dan tempat duduk seperti halnya mobil, sehingga pengguna akan lebih nyaman dalam menggunakan. Dalam pengoperasiannya becak ini memiliki tempat cadangan energi yang menyerap energi panas dan kemudian diolah menjadi energi listrik yang menggerakkan becak, sehingga peranan manusia adalah menjalankan becak layaknya menyetir sepeda motor.

Siapa bilang becak tinggal kenangan, becak masa depan siap meluncur

Menurut Ilham Habibie pembuatan becak tersebut melalui riset cukup lama sekitar enam bulan. Becak yang dipamerkan disebutkan masih prototipe. Ilham menyebut prototipe tersebut bisa menjadi opsi becak di masa depan. Prototipe senilai Rp17 juta ini menggunakan baterai lithium kapasitas 500 volt dengan jarak tempuh 30 km.

Hemat energi dan tidak menimbulkan polusi udara membuat becak listrik ini diramalkan akan menjadi transportasi idaman di masa yang akan datang mengingat bentuk dari becak juga lebih moderen dan tentunya lebih nyaman.

"Keren banget karya mereka, gak kebayang ternyata becak juga bisa memasuki fase teknologi canggih," ujar Irfan, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada, yang turut menyaksikan pameran.

Siapa bilang becak tinggal kenangan, becak masa depan siap meluncur

Inovasi becak listrik tersebut adalah hasil produk anak muda yang tergabung dalam Kustomfest : Indonesian Kulture Festival.