Brilio.net - Peraih nilai tertinggi Ujian Nasional (UN) tingkat SMA se-Yogyakarta adalah Selma Mutiara Hani siswi SMAN 3 Yogyakarta. Pelajar kelahiran 13 Februari 1997 ini berhasil meraih nilai nilai 562,1, tertinggi dibandingkan siswa sebaya di seantero Yogyakarta.

Ia mendapat nilai sempurna untuk mata pelajaran Kimia, disusul 91,8 pada Bahasa Indonesia, 85,4 untuk Bahasa Inggris, 97,4 untuk Matematika, dan Fisika 97,5.

Ternyata ketika brilio.net menyambangi rumahnya di daerah Condong Catur, tampak berjejer medali dan piala yang begitu banyak di sebuah etalase, dan diletakkan di ruang tamu.

"Ada tiga medali dan 33 piala, sejak dari Sekolah Dasar (SD) hingga SMA, ada juga medali perak Olimpiade Sains Nasional Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (OSN RSBI)" kata Selma Rabu (20/5).

Saat duduk di bangku SD, Selma pernah meraih juara tiga Olimpiade IPA 2011 tingkat provinsi. Lalu saat SMP, ia menyabet juara tiga, kembali dalam olimpiade Fisika seprovinsi dan medali perak Olimpiade Sains Nasional Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (OSN RSBI). Terakhir pada 2014, ia meraih juara pertama Olimpiade seprovinsi.

Loading...

Hebat, anak pertama dari tiga bersaudara ini juga diterima di Jurusan Kedokteran Umum UGM melalui jalur undangan. Semasa sekolah dia aktif di berbagai event yang diadakan sekolah. Mengikuti paduan suara serta palang merah remaja (PMR). Selain itu Selma juga mengikuti ekstrakurikuler kesenian seperti tari.

"Cita-cita saya memang menjadi seorang dokter, memiliki ilmu bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa," tutur Selma akan harapannya ke depan.

Selamat Selma!