Brilio.net - Siapa sih yang nggak tahu tragedi tenggelamnya Kapal Titanic? Kejadian tahun 1912 tersebut merupakan tragedi kapal tenggelam yang memakan korban paling besar. Bahkan sudah cukup banyak artefak yang ditemukan pada bangkai kapal yang tenggelam di laut Atlantik tersebut. Salah satunya yang unik adalah sekeping biskuit yang baru saja dilelang dengan harga Rp 299 juta!

Sepeerti yang dilansir brilio.net dari washingtonpost, Rabu (28/10), biskuit tersebut diselamatkan oleh James Fenwick, seorang penumpang kapal Carpathia yang menyelamatkan Titanic penumpang di laut. Biskuit tersebut kemudian diikutsertakan dalam acara lelang yang diadakan oleh rumah lelang Henry Aldridge & Son, dibeli oleh orang Yunani seharga USD 23.000 atau setara dengan Rp 299 juta.

 

Sekeping biskuit yang selamat dari tragedi Titanic terjual Rp 299 juta



Biskuit berusia 103 tahun tersebut adalah bagian dari survival kit yang ada dalam sekoci penyelamatan Titanic. Kapal penyelamatan tersebut berhasil menyelamatkan 700 orang dari keseluruhan korban. "Biskuit tersebut memang kelihatannya tidak menggugah selera. Tapi saya tidak bisa membayangkan, bagaimana dulu biskuit ini adalah makanan berharga para korban selamat," ujar Aldridge.

Dia menjelaskan bahwa biskuit tersebut komposisinya sama dengan kue Paskah. Bedanya kue Paskah berbentuk roti basah sedangkan ini dibuat biskuit sehingga dapat bertahan lama.
 
Bersamaan dengan acara lelang tersebut juga berhasil terjual sebuah foto gunung es yang menyebabkan tragedi tersebut terjadi. Foto tersebut terjual seharga  USD 32.200 atau setara dengan Rp 416 juta.