Brilio.net - Mayoritas netizen Indonesia mungkin sudah mengenal betul sosok Jonru di dunia maya. Komentarnya yang pedas dan penuh kontroversial di media sosial seringkali membuat masyarakat geram dan geleng-geleng kepala. Baru-baru ini, Jonru kembali bikin heboh dengan menyebut teror pengeboman yang terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, hanya persoalan remeh-temeh dan tak perlu diambil pusing.

Menanggapi komentar Jonru, Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Khrisna Murti seolah berang. Dia menilai Jonru perlu merasakan langsung polisi berjibaku melawan teroris.

"Suatu hari; saya akan ajak Jonru kerja dengan saya, merasakan desingan peluru dan dilempar bom.. Setelah itu silakan menulis sesukanya; negara demokrasi," tulis Khrisna Murti di kolom komentar yang dikutip brilio.net dari Facebook Jonru, Senin (18/1).

Bukan kali ini saja, Jonru memang sejak lama menggunakan akun Facebooknya untuk mengomentari isu-isu hangat yang terjadi di Tanah Air. Jonru juga berulangkali mengkritisi kebijakan pemerintah yang dinilainya kurang tepat. Tak heran, komentar Jonru seringkali menimbulkan pro dan kontra di kalangan netizen. Ada yang setuju, namun tak sedikit pula yang menyebuat aksi Jonru itu hanya mencari sensasi.

BACA JUGA: Ternyata Jonru punya hobi fotografi, yuk kepoin Instagramnya

Namun jauh sebelum dia menjadi selebriti di media sosial, tak banyak orang yang mengenal sosok Jonru. Kamu nggak bakal nyangka ternyata awalnya Jonru sempat menekuni pekerjaan sebagai penulis konten blog dan menjajakan 'dagangannya' dari forum ke forum.

"Bagi teman-teman yang punya blog tapi bingung dengan contentnya... jangan kuatir. Gimana kalo kerjasama dengan saya saja? Anda yang punya blog (termasuk menangani desain & programming), saya yang ngurus contentnya. CV saya bisa dilihat di sini," tulis Jonru mengawali postingannya di sebuah forum pada 5 Juli 2007 silam.

KLIK NEXT UNTUK MELIHAT FAKTA SOAL JONRU YANG LEBIH MENGEJUTKAN!

2 dari 2 halaman

Sejumlah anggota forum tersebut rupanya tertarik mendapat tawaran kerjasama itu. Tetapi, mereka justru menyarankan agar Jonru mengelola konten sendiri.

"Mas Jonru, saya sudah baca CV-nya dan impiannya.. Ok banget... cuma satu yang jadi pertanyaan dari saya.. dengan skill hebat yang dipunyai kenapa Mas Jonru masih mau mengelola content orang lain ... kenapa tidak full 100% nge-blog sendiri saja (seperti bloger2 Indonesia lainnya yang 100% mengandalkan hidup dari menulis blog), dengan kemampun menulis yang dipunya oleh mas Johru saya yakin hasilnya akan lebih besar dan mas Johru lebih bebas berexpresi tanpa tekanan dari partner ... no offense ya mas.. cuma curious aja...," timpal salah seorang pengguna.

Beberapa anggota forum yang iseng 'membangkitkan' kembali iklan penawaran jasa penulisan konten Jonru itu dengan membuat komentar yang menggelitik. Banyak netizen kemudian mengomentari kiriman itu dengan berbagai sindiran.

"Jasanya masih buka gak gan? Apa udah sibuk kritik orang?" tulis seorang member forum.

"Buset ini dah, doi levelnya udah Nasional bung .... Tukang ****** no 1 se indo (uppps)," tambah yang lain.

"Napa di up lagi sih thread 8 tahun yang lalu!! Haduhh ...  Jadi pada ngomongin orang aja," timpal anggota forum lain.