Brilio.net - Setelah kabur dari keluarganya di Palembang, Raden Fatah dan Raden Husein memutuskan untuk mengabdi dan belajar kepada Sunan Ampel. Tapi berjalannya waktu, Raden Husein masih tetap tak bisa menghapus keinginannya untuk bisa mengabdi kepada Raja Majapahit. Melihat keinginan kuat Raden Husein, akhirnya Sunan Ampel sebagai gurunya dan Raden Fatah kakaknya, merestui niat Raden Husein tersebut.

Dikutip brilio.net dari buku Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual terbitan Kompas, Senin (29/6), pengabdian Raden Husein pun disambut baik oleh Prabu Brawijaya V hingga diangkat menjadi Adipati Terung. Sementara itu, Raden Fatah menjadi murid yang rajin dan sangat disayangi oleh Sunan Ampel. Raden Fatah lalu dinikahkan dengan cucunya yang bernama Nyi Ageng Maloka. Setelah itu, ia diminta membuka Hutan Bintoro untuk dijadikan perkampungan dan tempat menyebarkan ajaran Islam.

Perlahan-lahan daerah tersebut menjadi pusat keramaian dan perdagangan. Selanjutnya para Wali Songo bersepakat mengangkat Raden Fatah sebagai sultan Demak dengan gelar Sultan Alam Akbar al Fatah. Memang, sejak awal meminta Raden Fatah untuk membuka Hutan Bintoro, Sunan Ampel bersama beberapa wali sudah merencanakan tempat tersebut untuk menjadi pusat kerajaan Islam.

Pulang mengembara, Raden Fatah taklukkan kerajaan tanpa perlawanan

Raden Fatah terkenal sosok pemimpin yang adil dan bijaksana. Kepandaiannya menjalankan pemerintahan membuat Islam disegani sehingga membuat banyak prajurit Majapahit yang masuk Islam tanpa dipaksa.

Hal itu akhirnya membuat Raja Brawijaya memerintahkan Adipati Terung yang tak lain adalah Raden Husein untuk meminta kakaknya datang ke Majapahit. Tapi permintaan itu ditolak Raden Fatah, bahkan Raden Fatah telah mempersiapkan pasukan untuk menyerbu Majapahit.

Berita penyerangan dari Bintoro ke Majapahit pun sampai ke telinga raja. Saat pasukan Bintoro sampai di Majapahit, ternyata Sang Prabu dan seisi keraton telah menyingkirkan diri. Angkatan Bintoro pun menduduki keraton tanpa perlawanan yang menjadi penanda berakhirnya Majapahit. Atas perannya yang besar, Raden Fatah kemudian diangkat Sunan Ampel menjadi Raja Demak pertama.

BACA JUGA:

Cerita Raden Fatah pilih berguru ke Ampel ketimbang jadi penerus raja

Mahasiswa ini ciptakan charger smartphone tanpa kabel, hebat betul!

Hebatnya 3 anak muda ini, dalam 2 jam jadikan helm sebagai charger HP

Tinggalkan gadgetmu, ada baiknya kamu mulai coba nulis diary lagi

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh

Pakai banyak gadget bisa bikin kemampuan otakmu cepat menurun