Brilio.net - Purbalingga, Jawa Tengah  memang kota yang terkenal dengan pabrik wig-nya. Tidak heran banyak dari warganya yang menggantungkan hidupnya dengan bekerja di pabrik-pabrik tersebut. Selain sebagai buruh pabrik ternyata ada pekerjaan unik yang ditekuni oleh beberapa warga desa di Purbalingga, yaitu sebagai pengumpul rambut. 

Salah seorang yang pernah menekuni pekerjaan tersebut adalah Mardiyat (45). Pria yang lebih akrab disapa dengan Yayat tersebut, sebelum hijrah ke Yogyakarta adalah seorang pengumpul rambut di kota kelahirannya tersebut.

Yayat adalah warga Kecamatan Pengadegan, Purbalingga. Yayat mengaku bahwa sebagian besar masyarakat desanya memang bekerja pada pabrik di sana sebagai pengumpul rambut. Rambut tersebut nantinya akan diproduksi menjadi wig atau rambut palsu dan juga sebagai bulu mata palsu.

Walau sebenarnya penghasilan dari profesi tersebut cukup banyak, namun Yayat mengaku saat ini di desanya pengumpul rambut semakin banyak sehingga persaingannya juga semakin besar. Sehingga tidak sedikit juga yang memutuskan untuk hijrah ke kota tetangga untuk mengumpulkan rambut dan biasanya dibawa pulang tiap dua minggu sekali.

Namun tidak sedikit pula yang mencari pekerjaan lain. Contohnya seperti Yayat yang saat ini berprofesi sebagai mandor pembangunan hotel di Yogyakarta.

Loading...