Brilio.net - Gerakan #melawanasap hari ini menjadi peringkat teratas topik pembahasan di twitter. Banyak pengguna twitter yang ikut mencuit dukungannya untuk melawan asap. Bencana asap yang telah 17 tahun terjadi membuat para netizen memelopori penyampaian aspirasi lewat hastag #melawanasap.

Para blogger di Riau misalnya mereka menunjukkan kekecewaan mereka akan penanganan bencana asap yang selalu datang, Lewat gerakan #melawanasap. Selain itu ada juga video yang tayang di YouTube dengan judul yang sam. Video yang diambil dengan drone itu menampilkan pemandangan Kota Pekanbaru berselimut asap beberapa waktu lalu.

Tampak asap menyelimuti Kota Pekanbaru dan terlihat jelas asap pekat di udara yang mengganggu kesehatan dan aktivitas masyarakat di sana. Para netizen yang prihatin lalu mencuit dengan mention Presiden Joko Widodo @jokowi di twitter.

Seorang pemilik akun twitter bernama Dody ‏@dody_yuhanes menulis "Pak @jokowi mohon luangkan waktu 3 menit saja utk melihat apa yang kami rasakan satu bulan ini". Tak lupa ia memberikan link video YouTube asap yang terjadi.

"Kami tidak diam! Video ini adalah suara keresahan dari masyarakat Riau yang ikut ambil andil dalam pergerakan #MelawanAsap Video ini melibatkan Komunitas-komunitas Di Riau Netizen, Masyarakat umum dan Lain lain, Kami ingin satu suara bahwa- Kami tidak ingin Asap ada lagi di Rumah kami, Riau," demikian keterangan dalam video tersebut.