Brilio.net - Burung garuda sudah 65 tahun sebagai lambang negara Indonesia. Kamu pasti masih sangat mudah untuk mengingat detail dari lambang ini, mulai dari berapa helai bulu di sayap, di ekor, dan di leher. Gambar-gambar di perisainya yang menunjukkan Pncasila, juga hafal di luar kepala. Tapi, tahukah kamu bahwa lambang ini lahir karena ada campur tangan orang asing?

Proses pembuatan lambang burung garuda cukup lama. Ada enam tokoh Indonesia yang tergabung dalam kepanitian pembuatan lambang ini, mereka adalah Ki Hajar Dewantoro, Muh Yamin, Sultan Hamid II, Raden Mas Ngabehi Poerbatjaraka, Moh Natsir, dan MA Pellaupessy. Di luar mereka, ada sosok warga negara asing yang juga terlibat. Salah satunya adalah Dirk Rühl Jr, warga kebangsaan Jerman.

Siapa pria ini? Mungkin belum banyak orang yang mengenalnya. Dirk Rühl sudah tinggal di Indonesia sejak berusia 16 tahun. Ketika pembuatan lambang negara, Dirk Rühl usianya sudah puluhan tahun. Dia adalah pakar semiotika dan ahli simbol yang juga pernah menulis beberapa buku sejarah.

Peran pria ini dalam pembuatan lambang negara Indonesia adalah saat penyempurnaan gambar burung sehingga jadilah lambang yang sekarang. Awalnya, sosok garuda dalam lambang negara memiliki kepala gundul mirip seperti lambang burung elang milik Amerika Serikat. Agar berbeda, maka ditambahkanlah jambul pada kepala sang burung. Penambahan jambul inilah peran Dirk.

"Waktu itu masyarakat banyak yang beranggapan kalau lambangnya sama dengan Amerika. Akhirnya si Dirk Rühl Jr mempelajari spesies burung elang yang hidup di Indonesia, salah satunya jenis Javanese Hawk Eagle yang memang memiliki jambul yang sangat khas," ujar Nanang R Hidayat, seorang dosen ISI Yogyakarta yang merupakan pemerhati lambang negara pada brilio.net, Rabu (11/3) silam.

Selain penambahan jambul, Dirk Rühl juga melakukan perubahan pada bagian cakar sang garuda. Awalnya cakar garuda digambarkan terbalik (menggenggam pita dari belakang), kemudian diubah posisinya sehingga cakar mencengkeram pita dari depan. Setelah sketsa Dirk Rühl sempurna, barulah diusulkan kembali pada forum kepanitiaan dan akhirnya ditetapkanlah lambang negara Indonesia.

BACA JUGA:

Ini lima orang pengusul lambang dalam Pancasila di burung Garuda

Nanang kolektor ratusan Garuda, punya Garuda unik kepala menoleh kiri

Kemegahan gedung Garuda ini tinggal kenangan, kini rata dengan tanah