Brilio.net - Sosok yang memberi, bukan diberi. Ungkapan itulah yang cocok disematkan kepada seorang polisi yang tak mau disebut namanya ini. Citra negatif yang melekat pada polisi sama sekali tak ada pada seorang polisi yang bertugas di Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur ini.

Polisi ini punya mimpi yang sederhana, yakni kesadaran memakai helm demi keselamatan yang muncul dari hati, bukan karena paksaan atau aturan. Guna merealisasikan mimpinya itu, ia lebih menyasar anak-anak ketimbang menindak orang tua yang ngeyel dan abaikan keselamatan.

Setiap hari, polisi ini membagikan sekitar 3-5 cokelat yang ia beli dengan uang sendiri kepada anak-anak yang mau memakai helm. Efek dari tindakan sederhana ini ternyata luar biasa.

"Ternyata anak yang langganan dapat cokelat dari saya, kata bapaknya, tiap pagi selalu cari-cari saya. Saya memang biasakan bawa cokelat buat reward anak-anak yang mau pakai helm. Saya tidak begitu hafal anak-anak yang saya kasih cokelat. Tindakan itu ternyata berkesan bagi anak-anak," kata polisi tersebut.

Polisi ini mencoba memberikan pembiasaan memakai helm demi keselamatan kepada anak-anak. Harapannya, kelak anak-anak tersebut sadar bahwa memakai helm itu demi keselamatan, bukan karena takut ditilang Polisi.

Loading...

Kisah ini dituliskan oleh akun Facebook Agung Wiendarto pada Rabu (7/10) dan banyak dishare oleh pengguna Facebook dan mendapatkan respons positif.

"Mantab nih Pak Polisi... Patut dijadikan panutan. Kekerasan hanya menjadikan orang bertambah brutal tapi penghargaan seperti ini bisa meluluhkan dan meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran diri. Sekarang udah ga jaman main keras pak, karena disiplin tidak harus dengan kekerasan," tulis akun Facebook Roebhie Satria di kolom komentar kisah Agung Wiendarto itu.

Salut deh buat pak polisi ini!

RECOMMENDED BY EDITOR