Brilio.net - Kamu memutuskan untuk kuliah di luar kota? Tentu hal yang harus kamu lakukan adalah mencari kos. Jangan heran jika kamu mendapatkan kamar kos ternyata isinya kosong, tapi ada sebagian kos yang sudah disediakan perlengkapan semacam lemari, tempat tidur dan meja belajar.

Memilih kos itu gampang-gampang susah karena kamu akan menghuninya dalam waktu yang relatif lama. Jika sampai salah pilih, kamu sendiri yang akan tersiksa.

Nah, biar kamar kos lebih nyaman dihuni, tentu kamu harus mempersiapkan peralatan dan perkakas pendukung. Sayangnya, kebanyakan anak kos lalai terhadap barang-barang yang punya fungsi vital itu. Berikut brilio.net kumpulkan beberapa peralatan penting yang kadang terlupakan oleh anak kos.

1. Perlengkapan P3K

Kehidupan anak kos yang jauh dari pantauan orangtua membuat kesehatan menjadi tanggung jawab individu karena tidak selamanya ada seseorang yang bisa siap membantu. Salah satu yang sangat penting adalah peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan atau P3K.

2. Kotak peralatan

Kotak peralatan beserta isinya wajib ada di kamar kos kamu. Palu, gunting kuku, penggaris, lem, dan lainnya. Peralatan tersebut memang tidak dipakai setiap hari, tetapi akan sangat berguna jika ada keadaan yang sangat darurat seperti pintu terkunci dari dalam, meja belajar patah kaki-kakinya, dan lainnya.

3. Perlengkapan kebersihan

Kebersihan kamar kos adalah nomor satu kalau ingin kamar kamu nyaman dan sehat dihuni. Tapi anehnya anak kos sering lupa membeli sapu, kemoceng dan tempat sampah. Padahal fungsinya sangat penting di kamar kos.

4. Tempat pakaian kotor

Nah, yang satu ini menjadi pembeda pakaian yang bersih dan kotor. Kalau ditumpuk antara pakaian yang bersih dan kotor, nantinya bikin kuman-kuman menempel di pakaian yang bersih. Tempat pakaian kotor sangat penting untuk menampung pakaian yang sudah seharusnya dicuci. Akan sangat jorok jika kamu hanya menggeletakkan pakaian kotormu di sudut kamar, bisa-bisa jadi sarang kecoak.

5. Keset

Ketika kaki basah dan akan memasuki kamar kos tentu bikin kamu bingung, masuk atau tunggu sampai kaki kering terlebih dahulu. Nah, itu tandanya kamu nggak punya keset buat mengeringkan kaki yang basah. Kalau terpaksa masuk ke kamar dengan kaki basah, dijamin lantai kamarmu bakal licin, kotor, dan bau.

6. Gorden

Kos yang dilengkapi jendela akan sangat bagus jika dilengkapi gorden, selain privasi terjaga tentunya menambah pemandangan dalam kamar menjadi bagus.

7. Galon air

Beli air mineral botol tentunya menguras isi dompet, selain harganya yang mahal tentunya bakal cepat habis. Jika menggunakan galon air, paling tidak menghemat pundi rupiah anak kos karena dengan memiliki galon harga isi ualangnya lebih murah ketimbang harus beli air mineral botol tiap hari.

8. Gantungan pakaian

Nah, abis pakai baju tinggal main lempar aja ke sana kemari atau pas liat paku di tembok tinggal main gantungin aja. Kalau punya gantungan pakaian kan lumayan bisa terlihat rapi dan tidak berantakan, dan tidak cepat kotor karena jauh dari lantai.

2 dari 2 halaman

9. Kabel rol

Dalam satu waktu kamu pastinya ingin menggunakan colokan listrik secara bersamaan, misalnya untuk charge ponsel, laptop, televisi, dan lainnya. Bagaimana jadinya jika hanya terdapat satu colokan listrik tiap kamar kos? Kabel rol solusinya.

10. Rice cooker

Berbagai kendala biasanya mereka hadapi mulai dari malas keluar malam untuk cari makan, nggak ada dapur untuk masak. Lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah memasak sendiri di kamar. Kamu hanya butuh rice cooker.

11. Setrika

Setrika bisa digunakan untuk merapikan pakaian sebelum berangkat kuliah, meskipun kadang malas-malasan menggunakan setrika. Tak ada salahnya menyediakan setrika di kamar kos.

12. Kipas angin

Dari pada kepanasan di kamar kos, mending sediakan kipas angin sebelum kepanasanan. Apalagi jika kamu tinggal di daerah yang panas.

13. Payung

Sedia payung sebelum hujan. Jangan nunggu musim hujan buat punya payung di kamar kos. Payung akan sangat berguna ketika musim hujan padahal harus berangkat kuliah.

14. Senter

Barang yang satu ini persiapan jika mati lampu di tengah malam dan buat mencari barang yang jatuh di bawah tempat tidur, pokoknya tempat yang gelap deh. Sangat perlu memiliki senter.

15. Alat makan

Ketika mau balik kos dari kampus ternyata perut keroncongan, akhirnya beli nasi dan lauk dibungkus buat makan di kos. Bagaimana jadinya sampai di kos ternyata nggak punya peralatan makan seperti piring, sendok? Pasti bisa kesulitan makannya. Makanya, anak kos harus punya dong.