Brilio.net - Jalan hidup seseorang memang tidak ada pernah yang tahu. Namun dengan tekad kuat dan perjuangan yang besar, segala hal bisa dicapai. Itulah setidaknya yang diyakini oleh Ikhsan Tanoto Mulyo. Remaja 18 tahun ini berhasil diterima di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tahun ini dengan biaya cuma-cuma alias gratis karena mendapat beasiswa Bidikmisi.

Ikhsan hidup berdua saja dengan ibunya di Desa Baran, Cawan, Klaten, Jateng. Sejak ayah dan ibunya berpisah, kini perekonomian dan masa depan Ikhsan bergantung pada ibunya yang hanya bekerja sebagai buruh tani dan pembuat serbet. Itu pun dengan penghasilan yang tidak tetap.

"Ibu jadi buruh tani kalau musim panen tiba," ujar Ikhsan kepada brilio.net, Senin (29/6). "Kalau tidak musim ya menenun kain buat serbet, satu meternya dapat Rp 2.500. Ya tidak tentu lah pokoknya hasilnya."

Beruntung Ikhsan diberi kecerdasan melebihi anak rata-rata. Sejak SD hingga SMA, dia selalu mendapat ranking 3 besar. Kepintarannya itu membuatnya berhasil sekolah dengan gratis melalui beasiswa sejak SMP. Meski begitu, ketika SMA dia sempat bingung akan melanjutkan kuliah atau tidak mengingat ibunya tidak bisa membiayai sepenuhnya.

"Ibu saya akhir-akhir ini juga sakit diabetes dan barusan operasi katarak. Beruntung saya dapat banyak info dari kakak kelas saya bahwa ada beasiswa Bidikmisi untuk kuliah, akhirnya saya mendaftar lewat situ," lanjut Ikhsan.

Persiapan untuk mendapat beasiswa pun dia lakoni dengan sungguh-sungguh. Setiap harinya anak bungsu dari ketiga bersaudara ini belajar dari pukul 23.00 WIB hingga subuh, demi mendapat nilai bagus. Berkat usaha kerasnya tersebut, Ikhsan akhirnya sekarang diterima sebagai mahasiswa jurusan Elektronika dan Instrumental di UGM.

BACA JUGA:

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9