Brilio.net - Inovasi tak henti-hentinya diciptakan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas hidup manusia.
Salah satu dari sekian banyak penemuan tersebut, adalah sebuah alat yang disebut dengan Pepatis, alias Pelipat Pakaian Praktis.

Karya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini, membantu setiap orang yang hendak melipat pakaiannya dengan efisiensi waktu. Jika biasanya melipat baju butuh wakut sekitar satu hingga dua menit, dengan Pepatis ini, melipat baju bisa dilakukan hanya dengan waktu lima detik.

Nawang, salah seorang tim mahasiswa yang menemukan alat tepat guna ini menuturkan, ide awalnya bermula dari realita kehidupan mahasiswa yang jarang sekali meluangkan waktu untuk merapikan pakaiannya karena ribet. Dengan alat temuannya ia berharap pekerjaan rumah itu bisa dilakukan lebih cepat, sehingga waktu untuk melakukan kegiatan lain bisa lebih banyak.

"Kan mahasiswa banyak ikut organisasi dan mengerjakan banyak tugas, sehingga untuk melipat pakaiannya sendiri kadang males karena terlalu menyita waktu. Nah Pepatis ini hadir sebagai solusinya" ujar Nawang kepada brilio.net, Kamis (2/7).

Karya Nawang dan beberapa temannya itu dihargai Rp 60.000. Mahasiswa jurusan Teknik Industri itu menuturkan, harga yang ia terapkan tersebut karena memang harga bahan baku yang tidak murah.

"Selain menjadi alat pelipat pakaian, alat ini juga bisa menjadi alas untuk setrika," ungkapnya.

Nah, kalau kamu ingin bantu ibu atau pembantu kamu di rumah biar bisa lebih cepat menata pakaian, mungkin kamu bisa membeli karya anak negeri ini. Nawang menambahkan dirinya tidak memikirkan keuntungan, ia hanya sangat bersyukur jika karyanya ada yang mau membelinya.

"Kalau ada yang berminat, biasanya mereka menghubungi lewat teman atau email saya (wahyu_nawang@yahoo.com)," pungkasnya.