Brilio.net - Perdebatan netizen memang tidak berhenti hanya persoalan diperdebatan tentang warna gaun. Kali ini foto yang diunggah oleh 9gag kembali menuai respon yang luar biasa dari netizen.

Yup, foto yang diposting merupakan foto kucing yang sedang berada di sebuah tangga, namun yang kemudian membuat nitizen saling beradu komentar adalah apakah kucing yang ada di foto tersebut sedang naik atau turun tangga?

Kamu juga salah satu orang yang memperdebatkan foto tersebut? Yuk simak penjelasan dari sisi fotografi yang telah dihimpun brilio.net, Jumat (10/4).

Dari segi fotografi, foto tersebut memperlihatkan bahwa gambar kucing itu diambil dari atas. Hal itu dapat dilihat dari bayangan kucing yang muncul dari cahaya lampu yang ada di bawahnya. Selain itu, apabila foto diambil dari atas, seharusnya wajah kucing akan terlihat lebih gelap, tapi di foto tersebut wajah kucingnya terlihat lebih terang.

Penjelasan kucing naik turun dari segi fotografi


 
"Dari segi pencahayaannya, foto itu jelas terlihat dari atas," jelas Rahmadika Arizal Nugraha, salah seorang anggota FOSIL (Fotografi Sipil) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Selain itu, Rahmadika juga menjelaskan dari segi perspektif gambarnya, maka objek yang melihat benda itu berada di atas sehingga melihat objek yang ada di bawahnya atau dikenal dengan istilah looking down.

Dengan demikian dapat disimpulkan kalau foto itu diambil dari atas, itu berarti kucingnya naik tangga. Gimana setuju gak?

BACA JUGA:

Misteri Segitiga Bermuda terbongkar!

Kisah sarjana Fisika ber-IPK 3,49 yang bangga jualan jamu keliling

Dunia dibikin geger! Kucing ini naik atau turun?

Penjelasan kucing naik turun dilihat dari ekornya