Brilio.net - Orang Indonesia memang nggak ada tandingannya kalau menyangkut soal hal-hal antimainstrem! Keanekaragaman budaya bisa memunculkan hal-hal unik yang tak terduga. Bahkan, sampai pengobatan penyakit saja Indonesia punya cara sendiri lho!

Walaupun kadang kita nggak nemu apa korelasinya, tapi masih banyak lho yang melakukannya. Apa aja sih? Yuk kita lihat seperti yang sudah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber Jumat (30/10)

1. Sering ngompol, pusarnya digigitkan ke capung

Pengobatan antimainstream ini cuma bisa ditemukan di Indonesia!

Dulu pas kamu masih kecil masih sering ngompol, gimana sih cara sembuhnya? Apa pakai capung yang digigitin ke pusar juga? Nggak tahu deh gimana korelasinya dari ngompol sampai ke capung. Terus pernah kepikiran nggak, kenapa mesti capung? Capung kan sekarang mulai langka apalagi di kota-kota besar. Kenapa nggak kecoa aja gitu?

Loading...

2. Kena kenalpot diolesin odol

Pengobatan antimainstream ini cuma bisa ditemukan di Indonesia!

Ini juga salah satu hal yang sampai saat ini masih sering dilakukan. Kaki kena kenalpot atau tangan kena percikan minyak pasti langsung diolesin odol. Mungkin maksudnya biar adem, kan odol ada sensasi semriwingnya gitu. Padahal itu salah besar,  odol justru bikin lukamu bisa infeksi. Pertolongan pertama yang tepat adalah diguyur dengan air dingin.

3. Kalau kejedot diusap ke rambut ibunya

Pengobatan antimainstream ini cuma bisa ditemukan di Indonesia!

Kasih ibu sepanjang masa, mungkin kalimat itulah yang cocok untuk mendeskripsikan pengobatan tradisional yang satu ini. Kalau kamu kejedot dan benjol pasti otomatis ibumu langsung ngusapin rambutnya ke benjolmu biar kempes. Belum tahu hubungannya dari mana ya, setidaknya itu udah ngasih sugesti jadi paling nggak kamu jadi berhenti nangis.

4. Ngobatin asma makan bayi tikus

Pengobatan antimainstream ini cuma bisa ditemukan di Indonesia!

Selama ini emang udah banyak cara tradisional yang ditawarkan untuk ngobatin penyakit satu ini. Mulai dari makan daging kelelawar sampai makan bayi tikus! Haduh, kok malah jadi jijik ya?

5. Kalau cegukan harus dikagetin

Pengobatan antimainstream ini cuma bisa ditemukan di Indonesia!

Ini juga salah satu pengobatan populer di Indonesia, tapi kalau ini emang udah terbukti bisa sembuh sih cegukannya. Asalkan kamu harus kaget beneran. Ini masuk akal kok, kalau kita kaget organ tubuh berhenti beraktivitas sesaat, begitu juga nafas. Makanya cegukan pun bisa sembuh.

6. Kalau anyang-anyangan, jempol kaki dikaretin

Pengobatan antimainstream ini cuma bisa ditemukan di Indonesia!

Kamu pasti pernah kan ngerasain kebelet pipis terus menerus, tapi ketika sampai di toilet pipisnya nggak keluar. Kalau kamu mengalami hal itu, coba deh pengobatan tradisional ala Indonesia, ikat jempol kaki kamu dengan karet. Dipercaya anyang-anyangan kamu bisa ilang. Entahlah bener apa nggaknya.

7. Kena gondongan, dipakein kalung dari buah mengkudu

Pengobatan antimainstream ini cuma bisa ditemukan di Indonesia!

Kamu tahu penyakit gondongan? Itu lho, penyakit yang terjadi karena pembengkakan kelenjar ludah di rahang kamu. Biasanya penyakit ini memang menyerang anak-anak, dengan istirahat cukup dan minum paracetamol sebenarnya penyakit ini bisa sembuh sendiri. Tapi banyak orang dulu yang mempercayai mitos menyembuhkan gondongan dengan membuat kalung dari buah mengkudu yang harus dipakai si penderita.

8. Bayi cegukan dahinya ditempelin daun

Pengobatan antimainstream ini cuma bisa ditemukan di Indonesia!

Ini kepercayaan dari sejak nenek moyang kita. Belum ketemu sih apa kaitannya antara cegukan bayi dan dahi yang ditempel daun. Tapi satu hal yang pasti ini merupakan kepercayaan yang udah lama banget ada di Indonesia. Saking percayanya jadi lahir sugesti deh. Nah sugesti itu yang bisa bikin cegukan pada bayi ilang, padahal mungkin emang si bayi udah selesai aja cegukannya.

Kalau kamu sendiri pernah coba yang mana hayo?

RECOMMENDED BY EDITOR