Brilio.net - Salah seorang bibi Muhammad, Atikah pernah menuturkan kejadian tak biasa ketika Muhammad lahir. Atikah adalah saudari seayah seibu dari ayah Muhammad. Kakeknya, Abdul Muthalib memiliki total 5 orang putra dan 5 orang putri dari beberapa istrinya. Dari istrinya Fatimah binti Amru, Abdul Muthalib memiliki empat orang keturunan yaitu Atikah, Abdullah (ayah Muhammad), Zubair, Abdul Ka'bah.

Dikutip dari buku The Perfect Muslimah karangan Syeikh Muhammad ibnu Hamid ibnu Abdul Wahab pada Rabu (8/7), Atikah turut berada di kediaman Aminah ketika Muhammad lahir. Atikah mendengar pengakuan Aminah bahwasanya dia tidak merasa sakit sedikit pun ketika melahirkan Muhammad. Dukun bayi yang menangani proses kelahiran pun mengaku menyaksikan ada seseorang yang menyambut kelahiran Muhammad. Setelah Muhammad lahir selamat, orang tadi tiba-tiba menghilang begitu saja.

Ketika pertama kali melihat dunia, tangisan yang menandai kelahiran bayi pada umumnya tak terdengar dari mulut Muhammad. Dia diam saja meski pun tubuhnya ditepuk-tepuk oleh si dukun bayi. Matanya terbuka seakan memandang sesuatu. Sesaat setelah lahir, kepala Muhammad mendongak ke langit dengan jari telunjuknya terangkat. Posisi lahirnya pun tidak terlentang, namun tengkurap. Si dukun bayi mengaku heran karena baru melihat kelahiran bayi yang demikian.

Abu Lahab yang bernama asli Abdul Uzza merupakan salah seorang paman Muhammad. Dirinya termasuk orang yang turut senang dengan kelahiran Muhammad. Dia tak segan memanggil Muhammad dengan Al Amin karena diakui Abu Lahab bahwa Muhammad memang dapat dipercaya dan tidak pernah berdusta.

Sikap Abu Lahab mulai berbalik sejak Muhammad mengakui dirinya rasul Allah. Hal ini didasari ketidakterimaan Muhammad diangkat menjadi rasul. "Jikalaupun Tuhan hendak mengangkat seorang nabi dari keturunan Abdul Muthalib, maka akulah orang yang paling layak. Aku orang kaya dan sangat terhormat di masyarakat. Muhammad semestinya yang menjadi pengikutku, bukan aku yang menjadi pengikutnya," tutur Abu Lahab.

BACA JUGA:

Ini penyebab kekalahan umat Muslim di Perang Uhud

Kisah Nabi Zakaria, tak henti-hentinya berdoa akhirnya dikaruniai anak

Ini asal usul nama Muhammad

Bukan Khadijah cinta pertama Muhammad, tapi ini lho wanita itu

Satu-satunya di dunia, masjid ini punya dua arah kiblat

Jaga kerukunan, warga beda aliran bisa gantian berjamaah di masjid ini

Masjid di Iran ini memantulkan cahaya pelangi, bikin kamu terpukau

5 Masjid di dunia ini aristekturnya keren banget, Allahu Akbar!