Brilio.net - Ahli operasi plastik Dr. Eduardo Rodriguez menjadi pemimpin tim yang melakukan operasi 26 jam untuk memberikan wajah baru bagi seorang pekerja pemadam kebakaran yang mengalami luka wajah 99%, Patrick Hardison (41). Operasi ini menjadi transplantasi wajah paling luas yang pernah ada hingga saat ini, yang meliputi seluruh kulit kepala, telinga dan kelopak mata, seperti dikutip dari BBC.com, pada Kamis (19/11).

David Rodebaugh (26) yang meninggal dalam sebuah kecelakaan ketika bersepeda menjadi pendonor wajah. Operasi berlangsung pada bulan Agustus lalu. Meskipun tim dokter dari NYU Langone Medical Center telah menyatakan operasi ini memiliki peluang keberhasilan 50:50, namun tetap dijalankan.

Operasi wajah terluas sepanjang sejarah sukses dilakukan

Hardison saat sebelum kecelakaan.

Hardison mengalami luka parah dalam suatu insiden kebakaran rumah sebab ia berusaha untuk menyelamatkan seorang wanita yang terjebak di kobaran api, hingga luka bakar tingkat ketiga bersarang di seluruh wajah dan kulit kepalanya. Butuh waktu satu tahun lebih untuk memperoleh donor wajah yang cocok, tidak hanya golongan darah tetapi seseorang dengan kulit dan rambut yang pas.

Dua tim operasi bekerja serempak, satu mempersiapkan donor dan yang lain menangani resipien. Tiga bulan setelah operasi yang menghabiskan jutaan dolar ini, ayah lima anak tersebut telah dalam kondisi bebar-benar pulih, meskipun ia tetap harus mengonsumsi obat selama sisa umurnya untuk menghentikan sistem kekebalan tubuhnya dari penolakannya terhadap transplantasi.

 

Operasi wajah terluas sepanjang sejarah sukses dilakukan

Operasi wajah terluas sepanjang sejarah sukses dilakukan

Foto atas: sebelum operasi, dan foto setelah proses operasi (bawah)


Dokter Rodriguez memperkirakan bahwa ada lebih dari lima pasien lain yang telah menerima transplantasi wajah di seluruh dunia meninggal setelah jaringan baru ditolak oleh sistem imun tubuh. Dalam konferensi pers, Rodriguez menyatakan, "Jumlah jaringan transplantasi pada Patrick belum pernah dilakukan sebelumnya. Dia dalam keadaan sangat baik hingga hari ini, 93 hari (pasca operasi)," ujar Rodriguez

Kini Hardison sudah bisa berkedip, memiliki rambut kepala, alis, janggut dan telinga. Hardison akan dioperasi lagi dalam beberapa bulan ke depan untuk penyempurnaan wajahnya.

Hardison mengatakan terima kasih kepada pendonor dan tim bedah. "Mereka telah memberi saya lebih dari wajah baru. Mereka telah memberi saya hidup baru," ucapanya.