Brilio.net - Hari Buruh atau Mayday setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 1 Mei. Sejarah Mayday berawal dari perlakuan semena-mena yang diterima oleh kaum buruh oleh para pengusaha pada masa Kapitalisme Industri di awal abad 19 di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan tanggal 1 Mei itu sebagai Hari Buruh Sedunia. Penetapan itu bersumber dari aksi 400.000 buruh di AS yang menuntut pengurangan jam kerja menjadi delapan jam sehari. Aksi itu ditentang pemerintah dan polisi bertindak brutal dengan menembaki demonstran yang mengakibatkan ratusan buruh tewas.

On This Day: Hari Buruh Sedunia!

Di Indonesia, pemerintahan Orde Baru sempat melarang peringatan Hari Buruh karena dianggap berhubungan erat dengan paham komunis yang menjadi hal tabu saat era itu. Setelah tumbangnya Presiden Soeharto kala itu, 1 Mei kembali ramai diperingati sebagai Hari Buruh.

Salah satu ciri khas dari perayaan Hari Buruh di Indonesia adalah bergeraknya para buruh ke satu titik untuk melakukan unjuk rasa menuntut kesejahteraan kaum buruh. Pada tahun 2014, pemerintah pada akhirnya menjadikan Hari Buruh menjadi hari libur nasional.