Brilio.net - Saat ini sangat marak kasus pelecehan terhadap perempuan di kendaraan umum. Tindakan pelecehan di kendaraan umum sudah menjadi kekhawatiran tersendiri bagi setiap perempuan saat akan berpergian keluar rumah dengan menggunakan kendaraan umum. Tak cuma di Indonesia, tindak kejahatan di kendaraan umum juga terjadi di hampir seluruh negara, salah satunya Pakistan.

Presiden lembaga nirlaba Environment Protection Fund Pakistan, Zar Aslam baru saja meluncurkan sebuah program "Pink Rickshaw' service di kediamannya di Lahore. Apa itu Pink Rickshaw Service?

Pink Rickshaw Service adalah layanan bajaj ekslusif untuk perempuan dengan supir perempuan. Layanan bajaj khusus perempuan ini dharapkan dapat memberikan rasa nyaman dan mengurangi tindak pelecahan yang terjadi pada perempuan, khususnya perempuan-perempuan Pakistan.

Ide bajaj untuk perempuan ini muncul dikarenakan Zar juga acap kali mengalami pelecehan yang dilakukan oleh para sopir angkutan umum. Rencananya bajaj tersebut akan diperbanyak dan menjualnya kepada perempuan dengan cicilan ringan.

"Kami akan mengajari mereka mengemudi dan juga membantu mereka mendapatkan surat izin mengemudi," ujar Zar Aslam seperti yang dilansir brilio.net dari Voice of Amerika, Sabtu (11/4).