Brilio.net - Yang namanya limbah di mana-mana pastilah merugikan dan tidak ada seorangpun yang mau tinggal di lingkungan penuh limbah. Tapi faktanya saat ini lingkungan kita sudah semakin tercemar saja, tidak hanya dari limbah pabrik tapi semakin banyaknya jumlah limbah elektronik yang sebenarnya berasal dari masyarakat sendiri. Inilah yang kemudian melatarbelakangi empat mahasiswa Universitas Negeri Malang menciptakan produk dari limbah elektronik tersebut.

Produk yang berupa miniatur moge atau motor gede ini sebenarnya dibuat guna mengikuti Pogram Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2015. "Yang kami buat ini memang sebuah usaha untuk menangani masalah limbah elektronik dengan mengolahnya menjadi produk yang memiliki nilai jual. Karena kalau limbah itu dibiarkan saja nantinya akan berbahaya, jadi bila diolah seperti ini kita juga bisa menjaga lingkungan," cerita Adhi, salah satu penggagas produk ini pada brilio.net, Selasa (23/6).

Ide pengolahan limbah elektronik ini sendiri muncul dari kekhawatiran Adhi terhadap banyaknya jumlah limbah elektronik yang memiliki dampak negatif untuk masyarakat. Setelah itu barulah dia mengajak tiga rekannya yaitu Rujian Khairi, Lutfi Mamlukatul, dan Muhammad Thobib untuk ikut serta dalam proyeknya ini.

Untuk saat ini produk miniatur moge buatan mereka baru dipasarkan di Kota Malang, Jawa Timur. Mereka berencana akan memperkanalkan moge ala mereka ini sampai ke kancah internasional. Wah kita doakan saja ya semoga proyek kreatif penyelamatan lingkungan ini dapat berjalan lancar dan sukses.

BACA JUGA:

Berkreasi membuat tong sampah unik, napi Pekalongan kebanjiran order

Anak tukang tambal ban ini hanya butuh 16 bulan hafal al quran 30 juz

Luna si kuda pustaka keliling 3 desa di Gunung Slamet pinjamkan buku

Keikhlasan bocah autis bantu ibunya jualan kaset pita jadul

Teman alami gangguan penglihatan, Sadiyah ciptakan meja baca pintar

Pelajar ini 3 tahun menggendong temannya yang cacat ke sekolah

Cuma lulusan SMK, santri ini buktikan bisa sukses dari bisnis animasi