Brilio.net - Pada 27 Mei 2006 silam, Yogyakarta diguncang gempa yang menelan puluhan korban jiwa dan merusak infrastruktur. Gempa Jogja yang pusatnya terjadi di koordinat 8,07 derajat lintang selatan dan 110,31 derajat bujur timur dengan kedalaman 17,1 km serta kekuatan 5,9 SR, memberikan luka tersendiri bagi masyarakat Kota Gudeg.

Tepat 9 tahun pada hari ini, 27 Mei 2015, peristiwa pilu itu diperingati oleh sejumlah pihak. Memori masyarakat akan Gempa Jogja masih segar dalam ingatan.

Para nitizen di media sosial kembali memperbincangkan peristiwa gempa tersebut hingga masuk menjadi trending topik dunia. "Banyak orang sakit mendadak kuat karena harus lari jauh dan sebaliknya banyak orang sehat mendadak sakit #9thGempaJogja" kicau MC event musik di Jogja yang juga ikut mengenang peristiwa tersebut seperti yang dituliskan di akun Twitter pribadinya @alitalit_.

@widiya_NS menuliskan, "#9thGempaJogja inget dari selatan isu tsunami dari utara, isu gunung meletus akhire tempuk ditengah".

Selain mengenang peristiwa 9 tahun silam para nitizen pun berdoa untuk para korban gempa. @audreyyy10_ menyatakan, "flashback ke tahun 2006 mengingat dulu terjadi musibah #9thGempaJogja tetap berdoa semoga Jogja selalu dilindungi :) Amin."

Mengenang bencana gempa, #9thGempaJogja jadi trending topik dunia