Brilio.net - Sebel nggak sih saat kita terjebak kemacetan di jalan kemudian kendaraan lain tak henti-hentinya membunyikan klakson mereka? Pasti rasanya makin bikin pusing kan? Belum lagi kalau kondisi di siang hari dan panas, makin emosi deh adanya. Kondisi ini yang mungkin sering sekali kita temui di jalanan-jalanan kota besar ya.

Tapi tampaknya hal tersebut tidak berlaku di salah satu kota besar di Thailand, yaitu Chiang Mai. Chiang Mai merupakan salah satu kota di Thailand utara yang seakan sudah menjadi ibu kota kedua untuk Thailand setelah Bangkok. Meskipun termasuk kota besar, namun lalu lintas di sana bisa dibilang sangat teratur.

"Para pengemudi di Chiang Mai sangat menghindari klakson mobil karena hal tersebut sama dengan nggak sopan. Meskipun jalanan ramai dan padat, tetap saja nggak ada yang dengan brutalnya membunyikan klakson," cerita Zahro, seorang mahasiswa Indonesia yang April lalu berkesempatan belajar di Chiang Mai pada brilio.net, Selasa (4/8).

Zahro yang sempat belajar di Language Institutue, Chiang Mai University juga menambahkan, meskipun ada kendaraan yang berhenti secara tiba-tiba, kendaraan di belakangnya juga tidak membunyikan klaksonnya. Bisa dibayangkan betapa nyamannya berkendara di jalanan Chiang Mai ya.