Brilio.net - Tak banyak yang tahu sosok Mbah Sadiman (61). Namun bagi warga sekitar Gunung Gendol, Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah, Mbah Sadiman adalah seorang pahlawan. Ia yang sudah merenta berhasil memerdekakan warga wilayah tersebut dari kekeringan dan air bersih.

Hal ini diceritakan dan disebarkan oleh Irin Khairina di akun Facebook pribadinya, Selasa (18/8). Menurut Irin, selama 19 tahun, Mbah Sadiman menanami lereng Gunung Gendol dengan 11.000 bibit pohon, yang mana 4.000-nya adalah pohon beringin. Tidak mudah tentunya, apalagi ia harus berjalan mendaki menanjak sejauh dua kilometer.

Selain tanpa bayaran, Mbah Sadiman bahkan harus membayar kepada warga sebagai sewa agar pemilik lahan tidak memotong pohon yang ditanamnya. Dan meski awalnya dianggap aneh dan kerap dicibir, nyatanya dirinya kini bisa tersenyum puas melihat 3.000 warga yang awalnya mengandalkan sungai dan sumur yang kering saat kemarau kini bisa merasakan air bersih.

Mbah Sadiman, lanjutnya, masih ingin menanam 20.000 pohon lagi agar semakin banyak warga yang bisa menikmati air bersih. Niat mulianya, meski saat ini belum disambut pihak lain, tapi patut mendapat apresiasi.

Mungkin ada yang mau bantu Mbah Sadiman mewujudkan impiannya?