Brilio.net - Jogging merupakan pilihan tepat bagi kamu yang suka olahraga. Selain tidak butuh banyak alat, jogging merupakan olahraga murah. Kamu hanya butuh running shoes untuk melakukan olahraga yang satu ini.

Meskipun olahraga ini simple, jangan sampai kamu terlalu sering melakukannya. Loh kenapa? Berdasarkan penelitian, terlalu banyak jogging bisa membuat badan kamu tidak sehat. Jadi olahraga yang satu ini harus dilakukan dalam intensitas yang pas.

Untuk mengkaji bahaya jogging berlebihan, seorang peneliti mensurvei 1000 pejogging baik yang sehat maupun tidak selama 12 tahun. Dari data yang didapat, jogging yang dilakukan selama 2,5 jam per minggu merupakan yang terbaik bagi kesehatan.Itulah alasan kenapa kamu tidak boleh terlalu berlebihan dalam jogging.

Kajian yang lain juga mengungkap bahwa terlalu banyak jogging mempengaruhi detak jantung. Penelitian tersebut dilakukan pada anak tikus. Selain itu, jogging berlebihan juga bisa berpengaruh terhadap ketahanan tubuh dan merusak jantung.

“Untuk sehat, kita hanya perlu olahraga 150 menit per minggu,” tutur Maureen Talbot, seorang ahli jantung di Inggris. Dia juga menjelaskan bahwa terlalu banyak jogging efeknya sama dengan orang yang tidak berolahraga, tuturnya kepada BBC (6/2).

“Orang tidak perlu berlebihan dalam olahraga jika ingin sehat,” tutur salah serang dokter di rumah sakit Kopenhagen, Jacob Louis Marrot. Jadi, jika kamu ingin tetap sehat dengan olahraga yang satu ini, sebaiknya kamu jalankan saran di atas.