Brilio.net - Kalau kamu jenuh sama promosi makanan penurun berat badan di mana-mana, padahal kamu pengen menaikkan berat badan, tenang! Ada banyak pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menggenjot berat badanmu.

Namun begitu, kamu juga jangan sembarang makan, ya! Tetap pastikan makanan yang kamu konsumsi adalah makan yang sehat. Mau tahu makanan tersebut apa saja? Berikut 21 makanan yang bantu kamu gemuk, sebagaimana dikutip brilio.net dari India Times, Kamis (26/11):

1. Salmon


Ambil dua porsi salmon setiap hari untuk memenuhi kebutuhan proteinmu dan meningkatkan berat badanmu.


2. Selai kacang


Kalau kamu memang mau gemuk, coba konsumsi selai kacang. Selai kacang mengandung sekitar 192 kalori dan protein tinggi.

3. Telur


Telur, baik bagian putih maupun kuningnya, bermanfaat bagi kamu yang memang ingin menaikkan berat badan. Telur kaya protein, vitamin A, D, E, dan kolesterol yang baik.

4. Granola

Makanan ini terbuat dari kacang dan gandum. Satu mangkuk granola mengandung 500 kalori yang sehat serta lezat untuk sarapan dan membantumu menaikkan berat badan.

5. Mentega

Mentega dikaitkan dengan kenaikan berat badan dalam jangka panjang. Kamu bisa mengonsumsinya tapi jangan terlalu sering, sebab terlalu rutin mengonsumsi mentega bisa berisiko bagi jantungmu.

6. Tuna

Ikan tuna mengandung asam lemak penting, yakni sejumlah lemak sehat, yang bukan hanya membantu dalam penambahan berat badan tapi juga membantu menjaga kesejahteraan fisik.

7. Roti jagung

Roti jagung kaya akan karbohidrat. Kandungannya roti jagung satu lapis bisa mencapai 328 kalori. Kamu bisa menambah berat badan secara teratur tanpa takut berbahaya bagi kesehatan.

8. Keju

Satu pak keju cheddar memiliki 69 kalori baik. Karena keju terbuat dari susu, maka dia kaya protein, lemak, kolesterol, dan kalori.

9. Jus buah

Minuman satu ini bisa membantumu menaikkan berat badan. Kamu bisa membuat jus buah apa saja tanpa gula tambahan, sebab 100% jus buah telah mengandung gula dan nutrisi banyak.

10. Pasta

Pasta adalah sumber kalori yang kaya karbohidrat, sehingga cocok untuk makanan yang menggenjot kenaikan berat badanmu. Nyemil pasta pun nggak akan bikin kamu gemuk yang nggak sehat.

MAKANAN PENAMBAH BERAT BADAN SELANJUTNYA......

2 dari 2 halaman


11. Udang

Udang mengandung nutrisi dan kandungan asam yang bagus tubuh. Selain itu, udang juga mengandung kalori sehat sehingga aman kamu konsumsi. Kecuali kalau kamu alergi udang, jangan dipaksakan ya, guys.

12. Roti gandum

Roti gandum dalam satu pak mengandung sekitar 69 kalori, yang bisa membantumu menaikkan berat badan.

13. Manisan buah

Kamu bisa makan manisan buah (buah yang dikeringkan) guna menambah berat badanmu. Jangan takut kandungan gizinya hilang saat buah sudah dijadikan manisan, ya, sebab kandungan kalorinya masih terbilang tinggi.

14. Oatmeal

Semangkuk oatmeal bisa bergizi untuk sarapan. Selain tinggi serat, oatmeal juga menyediakan nutrisi lain yang penting bagi tubuh.

15. Yoghurt

Yoghurt rendah lemak dapat memberikan sebanyak 118 kalori. Kamu bisa rutin mengonsumsinya untuk menambah berat badan.

16. Lemak dan minyak sehat

Menambahkan lemak ekstra untuk makananmu adalah cara yang muda untuk menambahkan kalori. Pilih minyak zaitun, minyak canola, dan sebagainya untuk menambah jumlah kalorimu namun tetap sehat.

17. Pisang

Satu buah pisang mengandung sekitar 100 kalori. Selain itu, kandungan karbohidrat dan nutrisi lainnya dapat membantumu menaikkan berat badan.

18. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kedua jenis bahan makanan ini mengandung lemak tak jenuh ganda yang menambah kalori sehat untuk diet penambahan berat badan. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan biji labu bagus untuk kesehatanmu dan penambahan berat badan.

19. Dada ayam

Dada ayam diyakini menjadi bahan makanan yang sehat dan non-lemak, yang mengandung sekitar 78 kalori untuk setiap porsi. Dengan begitu, dapat membantumu menggenjot penambahan berat badan.

20. Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat dan gula kompleks. Mengonsumsi kentang panggang atau kukus dapat bermanfaat menaikkan berat badan.

21. Kedelai

Kedelai merupakan bahan makan berkalori tinggi. Selain itu kedelai juga mengandung protein, kalsium, zat besi, vitamin B, dan serat. Semua itu bermanfaat bagi kamu yang ingin gemuk

Nah, sekarang kamu punya banyak pilihan makanan untuk menggemukkan badan secara sehat. Imbangi dengan tidur cukup, minum air berkualitas, dan olahraga rutin, biar kenaikan berat badanmu tetap terkontrol. Kesehatanmu, lho!