Brilio.net - Saat ini ada banyak sekali jenis penemuan dalam bidang medis yang semakin memudahkan, baik itu petugas medis maupun sang pasien. Selain kemunculan inovasi-inovasi canggih buatan para peneliti jagoan, ternyata mahasiswa juga bisa membuat inovasi yang sangat berguna di bidang medis, salah sau contohnya adalah inovasi yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada.

Mahasiswa UGM temukan alat bantu proses infus yang memudahkan perawat


Yasmin Noor Afifah, Putri Istiqomah RH, Intan Nur Fadliilah, Ardianto Nugroho, dan Faisal Fajri Rahani adalah lima mahasiswa UGM yang menciptakan inovasi bernama Visiovein.

"Visiovein merupakan sebuah sistem yang mampu menemukan jalur pembuluh vena pada tubuh pasien. Misalnya saja sebelum melakukan infus kita harus mencari pembuluh darahnya terlebih dahulu dan itu tidak mudah. Jadi alat ini dimaksudkan untuk dapat membantu mempermudah para petugas medis," cerita Yasmin kepada brilio.net, Senin (21/9).

Yasmin menambahkan bahwa alat tersebut terdiri dari dari tiga bagian utama. Pertama, rangkaian LED inframerah untuk memancarkan cahaya inframerah pada tubuh pasien. Kedua, kamera inframerah untuk menangkap gambaran jalur pembuluh vena pada tubuh pasien. Ketiga, unit pemroses dan pengolah data untuk mengolah citra digital dan layar LCD yang akan menampilkan gambaran jalur pembuluh vena tersebut pada layar LCD secara realtime.

"Visiovein ini desainnya ergonomis, sehingga nyaman untuk digunakan. Selain itu portable, karena dapat dilepas dan dipasang. Pembuatan visiovein juga menggunakan barang-barang yang ada di Indonesia sehingga mudah untuk dikembangkan lebih lanjut."