Brilio.net - Inovasi untuk terus mencari “Renewable Energy" atau energi yang terbarukan terus digalakkan di Indonesia. Indonesia patut berbangga, kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Team Of Auto Physics (TOP) FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menciptakan motor dengan bahan bakar air plus. Bahan bakar air plus ini maksudnya air+bioethanol dan air+premium.

Sebagaimana dikutip brilio.net, Rabu (13/1) dari laman resmi USU, pihak kampus mengatakan bahwa pengembangan tentang penelitian pembuatan sepeda motor ramah lingkungan ini telah dilakukan oleh Team of Auto-Physics Departemen Fisika FMIPA USU atau disingkat TOP USU sejak tahun 2009, dengan bantuan biaya dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) dan sejak 2014, dana penelitian sepenuhnya ditanggung oleh pertamina oleh PT. Pertamina.

Mahasiswa Indonesia ciptakan motor berbahan bakar 'air plus', top! Wakil Rektor I Prof. Zulkifli Nasution (dua dari kanan) saat melihat motor ramah lingkungan karya mahasiswa (foto: dok. Humas USU).

Sejauh ini pihak kampus menyatakan sudah ada 3 sepeda motor yang diciptakan yaitu sepeda motor berbahan bakar bioethanol 99 + air, sepeda motor berbahan bakar bioethanol 96 + air, serta sepeda motor berbahan bakar premium + air.

Baik sepeda motor berbahan bakar bioethanol dan air maupun premium dan air, kesemuanya memiliki beberapa kelebihan dari sepeda motor konvensional. Kelebihan tersebut di antaranya emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan serta kecepatan sepeda motor yang jauh lebih tinggi dari sepeda motor konvensional.