Brilio.net - Publik dibuat heboh pada hari Sabtu (28/3), setelah terunggahnya foto dokter yang melakukan penghormatan kepada jenazah yang diunggah oleh adik almarhum Olga Syahputra, Billy Syahputra melalui akun twitternya. Akun dengan username @bangbilly itu mengunggah foto tersebut dengan judul, "Penghormatan terakhir dokter RS Mount Elisabeth untuk kak Olga" diakhiri dengan emotikon sedih.

Banyak orang terkejut dan merasa semakin kehilangan sosok komedian serba bisa itu. Namun setelah diteliti, foto tersebut ternyata bukan foto jenazah Olga Syahputra, melainkan jenazah seorang anak bernama Liang Yaoyi, yang berasal dari Shenzhen, China.

Lalu siapakah Liang Yaoyi sampai dia diberikan penghormatan terakhir oleh dokter-dokter?

Liang Yaoyi adalah seorang siswa berbakat yang berasal dari Shenzhen, China, yang meninggal akibat tumor otak pada bulan Juni 2014 lalu.

Liang Yaoyi, cerita haru pengidap tumor otak diberi hormat oleh dokter

Liang didiagnosis tumor ketika dia berusia sembilan tahun. pada saat dia pindah ke Shenzhen untuk bergabung dengan kakak dan adiknya, untuk bersekolah dasar di sana, seperti dilansir brilio.net dari Shanghai Daily.

Suatu hari, Liang merasa pusing di kepalanya dan di hari berikutnya Liang mengalami kesulitan berjalan, sehingga dia mesti dibantu kakaknya untuk dibawa ke rumah sakit. Dari situlah, dokter menyatakan bahwa Liang menderita tumor otak.

Sebelum meninggal dunia pada tanggal 6 Juni, Liang mengatakan pada ibunya bahwa dia ingin menyumbangkan organ tubuhnya.

"Ada banyak orang yang melakukan hal-hal besar di dunia ini, dan saya ingin menjadi anak yang hebat juga," begitu kata Liang seperti yang diceritakan ibunya kepada China Daily.

Menurut Liang, menyumbangkan organ tubuhnya juga berarti dia memiliki kesempatan untuk tetap "hidup" dengan cara yang lain.

Oleh karena itulah, akhirnya Liang mendonorkan ginjal dan hatinya sebelum dia meninggal. Keputusan Liang inilah yang pada akhirnya menyentuh hati para dokter yang kemudian membuat mereka memberikan penghormatan kepada jenazah Liang Yaoyi.

BACA JUGA

Foto para dokter hormati jenazah Olga Syahputra ternyata Hoax