Brilio.net - Kamu yang jadi mahasiswa ngekos pasti bingung, setelah lulus mau dikemanakan barang-barang di kosmu yang bejibun itu. Tentunya tak akan dibawa pulang semuanya, karena terlalu banyak. Bingung, jika dibuang sayang, jika dibawa pulang kebanyakan. Berawal dari kebingungan itulah sekelompok anak muda mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menciptakan situs kreatif yang diberi nama barbekos.com yaitu sebuah website jual beli barang bekas anak kos.

Dalam situs tersebut, barang bekas kos yang tadinya hanya dibuang atau dihibahkan dapat dijual kembali dan menghasilkan uang tambahan.

Mereka adalah Esterlina Nainggolan, Rangga Banawa, Muhammad Nury Nauha Naufal, Nurrachman Sukho Mahady, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Teknik dan Kedokteran hewan berinisiatif menciptakan website khusus untuk mahasiswa tersebut.

Kreatif, mahasiswa UGM ini buat situs jual beli barang bekas anak kos!

Jual barang bekas. Tak perlu khawatir barang sia-sia.

Loading...

Ester salah satu tim barbekos bercerita, awalnya dia sering ditawari barang-barang oleh kakak tingkatnya yang telah lulus kuliah. "Walau gratisan kan tetep aja lama-lama kamar kosku penuh juga," ujarnya kepada brilio.net Selasa (6/10)

Di sisi lain, dia juga melihat banyak mahasiswa baru yang kebingungan mencari barang-barang kebutuhan untuk kos barunya. Dari situlah ide tersebut muncul.

Pembuatan barbekos tak memakan waktu yang lama, sebulan sejak September 2014, portal jual beli ini sudah dapat diluncurkan. Cukup dengan bermodal domain, tim mengembangkan web serupa dengan situs niaga online, dengan biaya yang tak banyak.

"Hanya sebulan buatnya. Cukup modal domain, kami patungan membelinya. Selanjutnya mengembangkan web, dan menganalisis pasar yang ada di Yogya, ternyata cukup besar," ujar Ester

Berkat ide cemerlangnya, tim Barbekos masuk ke dalam salah satu aplikasi inovatif dalam Innovative Academy 2014 silam. Disana, tim mendapatkan pelatihan dan gembelengan selama enam bulan untuk menyempurnakan Barbekos.

Kreatif, mahasiswa UGM ini buat situs jual beli barang bekas anak kos!

Situs barang bekas.  Tempat anak kos menjual dan membeli barang bekas.

Tidak disangka ternyata responnya cukup bagus di kalangan mahasiswa. Apalagi, mereka juga tidak perlu susah-susah karena sistemnya yang sangat mudah.

Situs barbekos dapat diakses melalui situs barbekos.com. Transaksi di barbekos hampir sama dengan website jual beli barang bekas lainnya. Para penjual mendaftar dan mendapatkan ID, kemudian mengupload foto barang yang akan mereka jual, memberikan deskripsi dan harga barang, serta menyertakan nomor kontak.

Sementara untuk para pembeli, mereka cukup masuk ke website Barbekos dan mencari barang yang mereka butuhkan. Jika barang yang dibutuhkan tersebut sudah ditemukan, maka pembeli dapat langsung menghubungi penjual barang dan melakukan transaksi langsung.

RECOMMENDED BY EDITOR