Brilio.net - Kamu ngaku anak Indonesia dan cinta budaya Indonesia? Kalau iya, apakah kamu memainkan alat musik tradisional?

Saat ini keberadaan orang yang menguasai alat musik tradisional memang sangat langkah, salah satu contohnya seruling alias suling. Salah satu yang khas dari kesenian suling adalah suling Sunda. Tapi, jika kamu ingin belajar memainkan seruling Sunda, kamu tak perlu khawatir.

Dimy, Suryo Putro Pradono, Ogi, Andiansi dan Ardiyan Rofiq berhasil menciptakan game edukasi yang akan membantu kamu untuk dapat menggunakan seruling Sunda. Lima orang mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) ini menamai temuan mereka dengan nama "Sulinda (suling Sunda)".

Latar belakang mereka menciptakan Sulinda yaitu ingin menanamkan nilai-nilai moral kebudayaan yang baik bagi pengguna melalui lagu Sunda yang diiringi dengan seruling Sunda. Selain itu, keberadaan Sulinda bisa mendorong anak-anak untuk terus belajar budaya Indonesia dengan cara yang menyenangkan.

"Why suling Sunda? Saya asli Sunda, saya mulai dari yang saya tahu. Nantinya bisa alat-alat musik yang lain. Tujuan akhirnya masyarakat dapat dengan mudah belajar bermain musik tradisional dasar," jelas Dimy saat ditanya brilio.net, Rabu(1/4), perihal alasan memilih Suling Sunda sebagai alat musik tradisional yang mereka terapkan dalam game edukasi tersebut.

Loading...

Kreatif, aplikasi ini bikin ngegame sekaligus belajar main seruling

Alat yang diperlukan untuk menjalankan game ini adalah Android dan suling Sunda. Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah, penggunanya dibimbing melalui game yang kemudian akan diarahkan untuk mencocokkan kunci-kunci nada di layar dengan lubang kunci suling Sunda yang dipegang penggunanya.

Ketika sudah digunakan nantinya bisa matching suara suling Sunda, apakah suaranya sudah sesuai atau fals. Kelebihan Sulinda tidak hanya itu, nanti akan ada games yang bila dimainkan seperti games guitar hero namun bedanya di sini adalah game console yang digunakan adalah alat musik yang asli yaitu suling Sunda.

Games Sulinda ini diperuntukan untuk para remaja, bahwa nge-game sambil melestarikan budaya lebih menarik lagi. Ditambah lagi desainnya dibikin lucu-lucu dan semenarik mungkin. Dengan fitur yang dimiliki, Sulinda merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang memadukan game dan budaya.

Nah, gimana? Udah gak ada alasan kan buat kamu gak ngelestariin budaya Indonesia? Yuk, bangga jadi Indonesia.