Brilio.net - Kamu masih larut dalam perdebatan tentang foto kucing yang diunggah oleh situs 9gag? Atau setidaknya masih penasaran sebenarnya kucing itu sedang naik atau turun tangga? Nah, kau perlu menyimak penjelasan berikut ini. Sebab, sebenarnya kepastian apakah kucing itu sedang turun atau naik tangga bisa dijelaskan berdasarkan konstruksi tangga. Nah, berikut ini penjelasannya.

Konstruksi tangga ungkap kucing berjalan turun

Dari foto tersebut dilihat dari kontruksi tangganya maka kucing tersebut sedang turun tangga, kenapa demikian? Begini, untuk mendesain tangga sendiri, pijakan tangga adalah hal yang sangat diperhatikan untuk sisi pendesainan. Pada bagian ujung pijakan tangga biasanya terdapat lis tangga agar tangga tidak licin, maka dari itu biasanya diberi ukiran.

"Untuk tangga sendiri di foto itu jelas menonjol ke atas, dalam perancangan tangga sebaiknya ukiran tangga itu tidak menonjol ke atas sebab akan menganggu dari segi estetika dan keselamatan penggunanya," jelas Azmi salah seorang mahasiswa teknik sipil UMY.

"Dilihat dari pijakan tangganya, maka foto itu dari bawah. Sebab pijakan tangganya tidak mungkin menonjol, itu akan menganggu keselamatan dari penguna tangga, salah satu fungsi dari tangga adalah untuk jalur evakuasi," jelas Hakas, mahasiswa S2 Universitas Gadjah Mada (UGM).

Loading...

Pendapat yang sama juga disampaikan alumni teknik sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bahwa kucing itu turun tangga dapat dilihat dari plesteran tangganya. "Selain dari posisi tangga yang jelas menonjol, hal ini juga dapat dilihat dari sisi plesteran yang terdapar disamping tangga, biasanya plesteran pijakan anak tangga sejajar dengan tangga, yaitu horizontal seperti pada gambar itu."

Dari penjelasan kontruksi tangganya dapat disimpulkan bahwa kucing itu turun tangga. Gimana, setuju dengan penjelasan para engineer ini?