Brilio.net - Setelah Nabi Muhammad wafat, Abu Hurairah gencar menyebarkan hadis-hadis yang dihafalnya kepada orang-orang di manapun berada, sebab dia merasa punya tanggung jawab menyebarkan kebenaran dan kebaikan. Dia bertolak pada sebuah ayat Alquran surah Albaqarah ayat 159, "Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Kitab (Alquran), mereka itu dilaknat Allah dan dilaknat (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknat."

Dikisahkan oleh Khalid Muhammad Khalid dalam bukunya 60 Orang Besar di Sekitar Rasulullah, khalifah kala itu Umar ibnu Khaththab sempat melarang Abu Hurairah menyebarkan hadis bahkan sampai mengancam mengusirnya kembali ke kampung halamannya di Daus. Sebab, Umar kala itu tengah menekankan umuat Islam untuk fokus mempelajari dan menghafal Alquran. Agar tidak membenani umat, selain Alquran tidak diperkenankan oleh Umar dengan maksud kandungan Alquran mengakar dalam hati dan ingatan mereka.

"Sibukkanlah diri kalian dengan Alquran karena ia adalah firman Allah. Sedikitkanlah riwayat dari Rasuluullah SAW, kecuali mengenai perbuatan yang beliau kerjakan," tutur sang amirul mukminin Umar ibnu Khaththab.

Abu Hurairah yang menghormati pandangan Umar memutuskan tetap tak akan menyembunyikan satu hadis pun yang dia peroleh dengan proses yang tidak ringan dari Nabi Muhammad. Justru menyembunyikan apa yang ia ketahui dari Rasulullah menurutnya adalah sebuah kesalahan.

Hal ini diperkuat dengan diketahuinya ada seorang yang juga menyebarkan hadis nabi namun dengan dilebih-lebihkan, yaitu Kaab Al Akhbar. Beruntunglah Abu Hurairah kala itu teguh dengan pendiriannya sebab jika dia berhenti menyebarkan hadis maka yang sampai pada umat Islam sekarang ini adalah yang berasal dari Kaab, di mana validitasnya diragukan.

BACA JUGA:

Kisah Asmai kalahkan ratusan penyair berkat syair burung bulbul

Kisah kesederhanaan wali kota di tengah penduduknya yang pemberontak

Kisah keharmonisan antar umat beragama di zaman Rasulullah

Kisah Nabi Zakaria tak henti-hentinya berdoa akhirnya dikaruniai anak

Kisah Wali Sanga, alat musik tradisional bikin orang masuk Islam

Kisah perpindahan agama seorang panglima di tengah tengah perang

Kisah Perang Hunayn, kemenangan kaum muslim yang sempat tercerai berai