Brilio.net - Kabar duka datang dari dunia anime. Pengisi suara wanita berbakat yang pernah terlibat dalam anime Doraemon dan Sazae-san, Sumiko Shirakawa meninggal dunia di usia 80 tahun.

Menurut pihak berwenang yang dilansir brilio.net dari animeherald, Minggu (29/11), Shirakawa sudah tidak muncul di sesi rekaman anime Sazae-san sejak Kamis lalu. Staf program dan keluarga Shirakawa lalu mengunjungi rumahnya. Tak disangka ternyata mereka malah menemukan tubuhnya di kamar mandi. Malangnya, hirakawa tinggal sendirian sehingga tak ada satu pun yang tahu penyebab kematiannya. Dokter ahli forensik akan memeriksa tubuh aktris yang punya nama lahir Sumiko Shirato ini untuk menentukan penyebab kematian.

Shirakawa mengawali debutnya sebagai pengisi suara sejak tahun 1960-an. Sepanjang kariernya, Shirakawa memegang peran di sejumlah acara terkemuka seperti dalam anime Doraemon dan Sazae-san. Ia menyuarakan Dekisugi di anime Doraemon pada tahun 1973 dan 1979 serta beberapa film Doraemon. Di Sazae-san, ia mengisi suara karakter teman sekelas Katsuo, Nakajima.

Fuji TV berencana menayangkan penampilan terakhir Shirakawa sebagai Nakajima dalam episode Sazae-san yang akan mengudara pada 29 November 2015. Selain itu, Fuji TV kini berniat mengadakan audisi untuk peran yang ditinggalkan Shirakawa.