Brilio.net - Dunia anak-anak memang dunia yang menyenangkan. Hal itulah yang membuat Ikrom Mustofa, Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyenangi dunia anak-anak. Ia pun mengintegrasikan ilmu yang dimiliki dengan kegiatan anak-anak. Lewat perannya sebagai Duta Riau, ia mengedukasi anak-anak Riau tentang perubahan iklim.

Ikrom mengaku bahwa posisinya sebagai Duta Riau membuat dirinya sering berinteraksi dalam berbagai proyek sosial. Salah satu yang ia lakukan adalah mengusung tema Pendidikan Cerdas Iklim bagi anak-anak. Ia melakukan itu karena menurutnya konsep pendidikan cerdas iklim belum banyak dikembangkan, padahal anak-anak yang menjadi agen perubahan masa depan perlu diberikan pemahaman tentang perubahan iklim sejak dini.

"Saya mengampanyekan kepada mereka untuk hidup bersama-sama dengan alam, menjaga alam, dan tidak membuat kerusakan. Kebakaran hutan contohnya, merupakan salah satu perilaku manusia yang kurang bertanggung jawab," terang Ikrom kepada brilio.net, Rabu (20/5).

Kampanye yang Ikrom lakukan dibuat dalam bentuk dan metode permainan yang sangat menarik, sehingga dapat diikuti dengan baik oleh anak-anak. Lewat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat, ia juga mengedukasi anak-anak dengan media kartu interaktif agar tanggap terhadap pemanasan global.

Tak hanya itu, ia pun menjadikan bahasan anak-anak dan pendidikan iklim menjadi sebuah karya ilmiah. Hal itulah, menurut Ikrom, yang menjadi salah satu alasan dirinya terpilih sebagai Mapres mewakili IPB untuk ajang nasional.

"Saya suka menulis ilmiah maupun prosa dan fiksi, maka hal itu saya tunjukkan pada berbagai pencapaian saya dalam bidang tersebut. Saya suka kegiatan dalam bidang pengembangan masyarakat, maka saya unggulkan berbagai kegiatan comdev (community development) yang telah saya ikuti," terang pemuda kelahiran 6 Oktober 1993.

Ikrom menjadi mahasiswa IPB berkat beasiswa CSSMora yang diberikan Kementerian Agama khusus untuk santri. Maka tak heran jika saat kompetisi pemilihan Mapres IPB ia juga sudah menyampaikan berbagai rencana pengabdian pascalulus yang akan ia lakukan.