Brilio.net - Suatu kali, istri Abu Nawas mengeluhkan kondisi mereka yang amat miskin. Tentu saja dia menyalahkan Abu Nawas karena mencari nafkah adalah kewajiban seorang suami. Sebenarnya Abu Nawas beberapa kali dihadiahi oleh raja kepingan uang emas, namun selalu dia bagi-bagikan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Maka kondisinya pun tetap dalam kekurangan.

"Hai suamiku, kapan kau membelikan aku gaun yang indah? Hidupmu hanya kau habiskan untuk berdoa saja!" ucap istri Abu Nawas.

"Semua ini kulakukan dengan penuh keikhlasan agar mendapat ridha Allah," ujar Abu Nawas melakukan pembelaan.

"Kalau begitu cobalah engkau meminta upah pada Allah saja," sahut sang istri.

Abu Nawas langsung pergi ke pekarangan untuk berdoa menyampaikan permohonannya. "Ya Allah, berilah hamba upah seratus keping perak!" teriaknya berulang-ulang.

Hal ini didengar oleh tetangganya yang sedang beristirahat di depan rumah. Diusilinya Abu Nawas dengan melemparinya uang perak ke kepala Abu Nawas hingga 100 keping.

Dikumpulkanlah 100 keping uang perak itu oleh Abu Nawas dan diserahkan pada istrinya. Namun tetangga Abu Nawas rupanya tidak terima uangnya diambil begitu saja oleh Abu Nawas. Didatanginya rumah Abu Nawas dan meminta uang itu agar dikembalikan.

Abu Nawas tidak bersedia memberikan uang itu kepada tetangganya karena dia merasa itu adalah upah yang langsung diberikan Allah atas doa dan iibadahnya selamai ini. Akhirnya mereka bersepakat menyelesaikan masalah ini di pengadilan.

Dalam sidang, hakim mengajukan pertanyaan, "Apa pembelaanmu Abu Nawas?"

"Tetangga saya ini sudah gila tuan hakim. Dia pikir semua harta di dunia adalah miliknya. Jika klaim ini diikuti, maka jubah saya, kuda saya, dan semuanya akan diakui miliknya," tutur Abu Nawas.

"Tapi itu memang milikku," sahut tetangga Abu Nawas.

Akhirnya sang hakim memutuskan bahwa si tetangga telah menganggu kekhusyukan ibadah Abu Nawas dengan melempari uang perak. Sebagai hukuman, maka uang-uang itu menjadi milik Abu Nawas.

BACA JUGA:

Kisah Abu Nawas yang dikalahkan oleh untanya

Kisah Abu Nawas yang ingin memindahkan masjid

Cerita Abu Nawas sukses mengakali tuan tanah yang kikir

Abu Nawas berhasil membungkus matahari

Masjid di Iran ini memantulkan cahaya pelangi, bikin kamu terpukau

5 Masjid di dunia ini aristekturnya keren banget, Allahu Akbar!

Tak cuma tempat shalat, masjid ini juga pengadilan masalah keagamaan

Dikenal masjid Kremlin, apa kaitan masjid di Sleman ini dengan Rusia?