Brilio.net - Kemampuan interaksi merupakan permasalahan utama bagi anak-anak penyandang autis. Banyak cara yang dilakukan oleh ahli psikologi untuk menangani permasalahan tersebut.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan robot sebagai alat terapi. Inilah lima robot yang menjadi sahabat anak autis untuk melatih kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi.

1. Keepon

Kisah 5 Robot sahabat anak autis

Pada awalnya, robot ini diciptakan hanya untuk meneliti bagaimana anak penyandang autis bersosialiasi. Dikutip dari Popular Science (11/4), Keepon diciptakan oleh mahasiswa S3 yang bernama Marek Michalowski dan Hideki Kozima.

Robot yang berwarna kuning ini dilengkapi dengan kamera, mikropon, dan sensor. Uniknya lagi, robot ini juga bisa menari. Ketika anak autis bermain dengan robot ini, semakin mereka bisa mengendalikan tarian Keepon, artinya kemampuan interaksi mereka juga meningkat.

2. KASPAR

Kisah 5 Robot sahabat anak autis

Tujuan dari Robot ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami emosi dan ekspresi wajah. KASPAR dikembangkan oleh doktor asal Universitas Hertfordhsire, Inggris yang bernama Ben Robins.

Seperti dilansir BBC (25/12), setelah berinteraksi dengan KASPAR, ternyata anak penyandang autis bisa megekspresikan kebahagian. Hal ini juga disadari oleh orang tua mereka.

3. Paro

Kisah 5 Robot sahabat anak autis

Bentuk dari robot ini mirip dengan anjing laut. Paro diciptakan karena dalam melakukan terapi, pihak rumah sakit kesulitan untuk menghadirkan hewan yang hidup.

Itulah kenapa fungsi dari Paro adalah sebagai asisten terapis. Ketika anak penyandang autis bermain dengan robot ini, Paro bertugas untuk mengurangi stres dan memancing interaksi dari mereka.

Robot ini dilengkapi lima sensor yang bisa dirasakan oleh manusia. Bahkan Paro juga bisa menirukan suara anjing laut. Robot ini diciptakan oleh Takanori Shibata, warga asal Jepang.

4. Cosmobot

Kisah 5 Robot sahabat anak autis

Keunikan dari robot yang satu ini adalah bisa bicara dan mengikuti gerak anak. Selain itu, mereka juga bisa mengatur pergerakan robot. Sayangnya, robot ini masih terbatas di Amerika Serikat.

Keunggulan lain dari Cosmobot adalah membatu mereka untuk meningkatkan aspek motorik. Selain itu, Cosmobot juga efektif untuk melatih bicara anak autis. Robot yang mempunyai tinggi 40 cm ini diciptakan oleh Antrotonic Inc.

5. NAO
NAO merupakan robot kolaborasi Universitas Cambridge dan Aldebaran Robotics untuk membantu para penyandang autis. Robot yang satu ini berfungsi sebagai asisten pribadi bagi kaum autis dengan menggunakan suara dan gesture untuk berinteraksi.

NAO akan membantu mereka sebelum dan bangun tidur. Robot ini juga membantu anak autis dalam merespon interaksi dari orang lain. Tidak hanya itu, robot ini juga membantu mereka dalam mengatur pola makan.