Brilio.net - Kemajuan teknologi informasi yang begitu masif saat ini ternyata menimbulkan dampak negatif pada para orangtua. Maklum, tidak sedikit orangtua yang khawatir buah hatinya memanfaatkan gadget untuk hal-hal yang semestinya belum pantas mereka lakukan.

Misalnya, membuka situs-situs porno. Selain itu, bukan rahasia lagi jika banyak anak usia sekolah yang menjadi korban kekerasan atau pelecehan seksual dari orang yang dikenal di jejaring sosial. Bahkan, tak jarang sesama teman mengirim konten-konten komunikasi yang bersifat provokatif.

Atau melakukan tindakan-tindakan yang dapat berakhir menghantui kamu dan si anak selamanya. Intinya, banyak kesalahan yang dilakukan anak-anak di dunia maya disebabkan pengalaman mereka yang masih seumur jagung. Mereka menikmati kemudahan komunikasi tanpa tahu akibatnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Kaiser Family Foundation, anak-anak menghabiskan rata-rata 7 jam, 38 menit sehari untuk terhubung dengan beberapa jenis perangkat elektronik. Hal ini menimbulkan kekhawatiran besar bagi para orang tua karena mereka tidak tahu apa yang sering dilakukan anak mereka saat menggunakan telepon seluler, atau saat online.

Tapi, kini kamu sebagai orangtua bisa bernafas lega. Sebab, saat ini ada aplikasi di mana kamu bisa mengontrol segala tindakan yang dilakukan anak-anak tanpa diketahui mereka. TeenSafe baru-baru ini telah meluncurkan versi baru aplikasi yang tidak hanya memungkinkan kamu melihat Facebook dan Instagram si anak, tetapi juga memungkinkan kamu membaca pesan teks yang telah dihapus dari perangkat berbasis Android atau iPhone.

Loading...

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu dapat memantau gadget milik anak-anak tanpa perlu membongkarnya. Untuk perangkat iPhone misalnya, yang dibutuhkan hanyalah ID Apple dan password anak kamu. Sementara untuk smartphone berbasis Android sedikit lebih mudah. Cukup masukkan beberapa info dasar dan kamu tinggal menginstal aplikasi di telepon kamu.

Setelah mendaftar perangkat anak anda di TeenSafe, informasi akan diunduh ke halaman login pribadi di mana kamu dapat membaca semua pesan teks iPhone atau Android anak kamu baik yang telah dikirim dan diterima. Kamu juga dapat melihat log panggilan telepon mereka, kontak telepon dan riwayat browsing web, serta aktivitas Facebook, Instagram dan WhatsApp. TeenSafe juga menggunakan GPS telepon untuk melacak lokasi gadget anak kamu.

Menariknya, ketika kamu memonitor segala aktivitas si anak, mereka tidak mengetahuinya. Mungkin terkesan agak licik. Tapi demi kebaikan buah hati kamu, tak ada salahnya melakukan hal ini bukan?.