Brilio.net - Para penyandang kebutuhan khusus atau yang biasa disebut kaum difabel semakin dimudahkan dalam mencari kerja dengan hadirnya situs kerjabilitas.com. Situs yang ditujukan sebagai pencarian kerja untuk para mereka penyandang cacat ini telah diluncurkan sejak bulan Maret 2015.

Rubby Emir, selaku penggagas ide ini, menjelaskan kepada brilio.net, Kamis (3/12), bahwa program ini mulai dirancang sejak 2014. Tujuan utamanya adalah untuk menghubungkan para pencari kerja berkebutuhan khusus yang berusia produktif dengan perusahaan-perusahaan yang bersedia mempekerjakan mereka. Karena sampai saat ini, para disabilitas belum mempunyai akses informasi yang cukup tentang lowongan kerja dan perusahaan yang mau menerima mereka untuk bekerja.

"Kita ingin menghubungkan antara para disabilitas dengan perusahaan. Jadi di situs ini ada dua pengguna, yang satu untuk pencari kerja dan yang satu lagi untuk penyedia kerja. Penyedia kerja sebelumnya juga harus memastikan jika pekerjaan yang mereka tawarkan harus bisa dikerjakan oleh para disabilitas," ungkap Rubby, yang juga berperan sebagai direktur Saujana Indonesia.

Fitur yang ada di situs kerjabilitas.com juga terbilang cukup menarik. Karena tidak hanya sebatas mencari kerja seperti situs pencarian kerja pada umumnya. Para pengguna juga dapat berinteraksi dengan pengguna yang lainnya di dalam situs ini. Layaknya media sosial, mereka dapat berkomunikasi satu sama lain.

"Ya, kami ingin sesama pengguna saling berinteraksi. Mereka juga dapat mengajak para disabilitas lainnya untuk menggunakan situs kami. Sehingga harapan kedepannya terbentuk komunitas yang kuat diantara mereka," ujarnya.

Tidak hanya tersedia dalam bentuk web, kerjabilitas.com juga sudah tersedia di platform berbasis Android. Aplikasi ini sudah bisa diunduh para pengguna Android di Google Play secara gratis.

Keren, sekarang ada web pencari kerja khusus para disabilitas foto: kerjabilitas.com

"Sudah ada di Android. Tapi untuk yang android masih sebatas melihat lowongan kerja. Jadi untuk mendaftar masih tetap lewat web kerjabilitas.com. Kedepan akan kami kembangkan lagi," ungkap Rubby.

Ditanya mengenai harapan ke depannya, Rubby berharap perusahaan besar di Indonesia menyediakan pekerjaan untuk para disabilitas. Jadi dari 100 karyawan yang ada, harus ada satu lowongan untuk para difabel. Dan berharap pemerintah juga mendukung kampanye ini. Karena tidak hanya fasilitas umum, informasi pekerjaan juga harus mudah diakses oleh kelompok disabilitas.