Brilio.net - Masih ingat hubungan Raffi Ahmad dan Yuni Shara yang terpaut 15 tahun atau Nassar dan Muzdalifah yang terpaut usia sepuluh tahun? Pasti kamu cukup terbengong-bengong bagaimana bisa seorang cowok ganteng dan muda justru tergila-gila kepada cewek yang lebih tua usianya? Ternyata ada penjelasan logisnya, lho.

Cowok pada usia dua puluhan dianalisis aktif mencari hubungan dengan cewek yang lebih tua karena cowok ini merasa menemukan sesuatu yang lebih menarik dan aman dari cewek yang ditaksirnya.

Dilansir brilio.net dari Daily Mail, Selasa (6/10), menurut sebuah survei dari situs kencan EliteSingles, cowok berusia antara 20-29 tahun lebih suka berkencan dengan cewek yang lebih dewasa secara umur darinya. Sementara cowok yang usianya 30 tahun atau lebih, memilih pasangan yang lebih muda.

"Cowok yang lebih muda sekarang ini kemungkinan mengakui bahwa cewek yang lebih tua mahir dalam tanggung jawab. Seperti karir, anak, urusan rumah tangga, kebugaran, keuangan, dan bersosialisasi, yang membuat mereka lebih menggoda atau menarik," ujar seorang psikolog, Sam Owen.

EliteSingles telah mensurvei 450.000 dari orang-orang yang berkencan online untuk mencari tahu perbedaan usia ideal mereka ketika berelasi. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun persepsi masyarakat beranggapan bahwa cowok baiknya mendapatkan cewek yang lebih muda, faktanya mayoritas pemuda benar-benar ingin sesuatu yang berlawanan dengan persepsi ini.

Kenapa ya, zaman sekarang banyak cowok naksir cewek yang lebih tua?

Di samping temuan bahwa jumlah cowok yang menyukai cewek lebih tua meningkat, EliteSingles juga menunjukkan bahwa rata-rata perbedaan usia 'ideal' pada kebanyakan cowok yang berusia 30 tahun juga menjadi lebih kecil. Menurut sebuah studi lain menunjukkan rata-rata pria di atas 30 tahun menginginkan cewek yang hanya lebih muda 11 tahun ketimbang dirinya (perbedaan ini bagi EliteSingles jauh lebih kecil dibandingkan kebanyakan standar cowok memilih pada beberapa tahun lalu).

Hmmm, kalau menurut kamu gimana? Apa kamu juga sedang menyukai cewek yang lebih dewasa dari kamu?